Begini Dampak Minum Air Es Bagi Jantung

DokterSehat.Com– Di cuaca yang panas dan terik seperti sekarang ini, cukup banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi air es atau air dingin. Memang, dengan meminumnya, kita akan merasakan sensasi segar pada tenggorokan. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan andai kita mengkonsumsi air es ini hingga habis, yakni menurunnya denyut jantung dengan signifikan.

doktersehat-air-minum-es

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul The Effect of Ice Water Ingestion on Autonomic Modulation in Healthy Subjects yang dimiliki oleh Institute of Traditional Medicine, National Yang-Ming University School of Medicine, Taipei, Taiwan. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mengkonsumsi air es, bisa berpengaruh besar bagi saraf vagus. Sebagai informasi, saraf vagus adalah saraf kranial yang ke sepuluh dan termasuk dalam bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh, saraf yang mengendalikan berbagai tindakan tubuh yang dilakukan dengan tidak disengaja.

Jika kita minum air es atau air yang sangat dingin, hal ini bisa berimbas pada kinerja saraf vagus yang tidak normal dan akhirnya memberikan stimulus yang membuat denyut jantung semakin menurun. Tak hanya itu, minum air es ini juga akan mengganggu proses pencernaan makanan mengingat kemampuannya dalam membuat pembuluh darah menjadi semakin sempit. Jika kita minum air es setelah makan, maka makanan yang kita telan tidak akan dicerna dengan baik dan perut pun akan terasa tidak nyaman.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsi air es, apalagi setelah makan. Konsumsilah air putih dengan suhu yang biasa saja karena bisa memberikan manfaat lebih baik bagi kesehatan tubuh.