Begini Cara Hadapi Ngidam yang Sehat saat Hamil

doktersehat-cokelat-diet-berat-badan

DokterSehat.Com– Bunda, apakah mengalami ngidam saat hamil? Ngidam merupakan pengalaman unik saat hamil dan umumnya hanya terkait konsumsi makanan atau minuman tertentu. Lalu bagaimana jika Bunda ngidam makanan yang harus dihindari saat kehamilan? Benarkah harus dituruti?

Penyebab ngidam saat hamil

Ngidam merupakan fenomena yang umum terjadi saat hamil. Hingga saat ini para ahli belum mengetahui apa penyebab pasti ngidam saat hamil.

“Tidak ada yang tahu pasti mengapa orang hamil mengalami ngidam, meskipun ada beberapa teori yang menyatakan bahwa ngidam adalah cara tubuh untuk menyampaikan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh,” ujar Andrei Rebarber MD, pimpinan divisi Pengobatan Kelahiran dan Janin di NYU Medical Center, New York seperti dukutip dari laman WebMD.

Misalnya ketika ibu hamil ngidam sesuatu yang gurih, mungkin saja tubuhnya sedang membutuhkan protein atau sodim dan potassium yang ada dalam makanan tersebut. “Bukan berarti tubuh membutuhkan secara spesifik makanan tersebut, namun kandungan yang ada di dalam makanan tersebut sehingga indra pengecap Anda menerjemahkan kebutuhan tersebut melalui ngidam,” urai Rebarber.

Cara menghadapi ngidam

Saat hamil, ada beberapa makanan dan minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil seperti soft drink dan keripik kentang. Lalu apakah ngidam makanan tersebut harus dituruti?

Dilansir dari laman todayparents, ada trik khusus untuk menghadapi ngidam makanan tersebut yaitu mengganti makanan tersebut dengan makanan lain yang memiliki kemiripan rasa.

Misalnya, jika Bunda sedang ngidam soft drink, maka ganti minuman tersebut dengan jus buah atau infused water. Jika Bunda ngidam keripik kentang, sebaiknya ganti makanan tersebut dengan popcorn. Kalori tiga cangkir pocorn jauh lebih sedikit dari keripik kentang.

Bagi Bunda yang ngidam es krim, tetap boleh mengonsumsi es krim asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan dan menjadi satu-satunya makanan tinggi gula pada hari itu. Sedangkan jika Bunda ngidam cokelat, Bunda bisa mengonsumsi cokelat hitam yang lebih rendah kandungan gulanya.