Begini Caranya Kopi Bisa Tetap Manis Tanpa Menggunakan Gula

DokterSehat.Com– Kita mengenal kopi sebagai minuman yang memiliki rasa yang pahit. Karena alasan inilah kebanyakan orang memilih untuk menambahkan gula pada minuman ini agar bisa memiliki rasa yang lebih manis saat dinikmati. Sayangnya, meskipun kopi tergolong dalam minuman yang menyehatkan, dalam realitanya tambahan gula ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti meningkatkan resiko obesitas dan diabetes. Lantas, apakah kita memang sebaiknya hanya mengkonsumsi kopi yang pahit saja?

doktersehat-kopi-dalam-styrofoam

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa tetap mengkonsumsi kopi yang manis tanpa perlu menggunakan gula, yakni dengan memakai bahan tambahan berikut ini.

Madu
Salah satu dari bahan makanan yang manis namun menyehatkan tubuh ini bisa kita tambahkan pada kopi yang akan kita minum. Tak hanya menjadi manis, kopi juga akan memiliki aroma yang lebih menarik.

Bubuk kayu manis
Semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakan bahan kayu manis sebagai pengganti gula. Meskipun kayu manis sebenarnya juga memiliki kadar glukosa yang cukup tinggi, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kayu manis masih jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Di dalam bahan rempah ini, kita bisa menemukan kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

Jus jeruk
Meskipun terlihat aneh, dalam realitanya kita bisa menambahkan jus jeruk pada kopi untuk menambah rasa manis pada minuman ini. Selain itu, kopi juga akan memiliki aroma wangi yang tentu membuat kita semakin menikmatinya.