Begini Caranya Hindari Konsumsi Minuman Manis Saat Cuaca Panas

doktersehat-minuman-saat-panas
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Mengonsumsi minuman manis saat cuaca sedang panas-panasnya memang menyegarkan. Apalagi jika minuman manis tersebut disajikan dengan suhu dingin. Wah, tentu kita seakan tidak bisa berhenti meminumnya ya. Namun hal ini sebenarnya tidak terlalu dianjurkan untuk dilakukan lho.

Tentu sudah banyak diketahui bahwa konsumsi minuman manis akan meningkatkan risiko penyakit diabetes. Jika kita mengonsumsi minuman manis saat panas, maka jumlah minuman yang kita konsumsi akan cenderung lebih banyak karena tubuh kita sedang mengalami dehidrasi.

Selain itu, mengonsumsi minuman manis dalam suhu dingin juga tidak terlalu dianjurkan karena akan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih keras dalam menstabilkan suhu minuman yang masuk dalam tubuh.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui bagaimana sih cara agar bisa membatasi konsumsi minuman manis saat cuaca sedang panas, yaitu:

1. Memilih atau membuat jenis minuman dengan mengontrol kandungan gulanya

Sebelum mengonsumsi minuman, selalu pertimbangkan seberapa banyak gula yang digunakan dalam minuman tersebut. Jika membeli minuman kemasan utamakan memilih minuman yang kandungan gulanya lebih rendah.

Sedangkan jika membuat sendiri atau memesan minuman manis pada penjual maka batasi penggunaan gula, sirup atau susu kental manis dalam satu porsi minum, sebaiknya gunakan 1-1 ½ sendok makan pemanis dalam satu kali minum.

2. Minum dalam porsi kecil

Selalu batasi porsi konsumsi minuman manis dalam sehari. Batas maksimal konsumsi minuman manis adalah 1-2 kali dalam sehari dengan penggunaan gula paling banyak 4 sendok makan.

Jika batas tersebut digunakan untuk minuman kemasan maka konsumsi paling banyak adalah 2 porsi minuman manis kemasan dalam sehari. Hal ini harus benar-benar diperhatikan mengingat kita cenderung minum lebih banyak saat cuaca panas.

3. Membuat infuse water

Jika membatasi porsi minuman manis masih cukup sulit dilakukan, maka infuse water bisa jadi jalan keluar yang bisa kita coba untuk mengatasi dahaga di cuaca panas. Pilih buah yang menyegarkan seperti lemon, jeruk nipis atau timun. Dengan ini Anda bisa menuntaskan rasa haus tanpa mengkhawatirkan asupan gula dalam tubuh, kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik