Begini Caranya Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Meski Kehujanan

DokterSehat.Com– Hujan telah kembali turun dengan rutin. Hal ini tentu akan membuat kita terkadang kehujanan saat bepergian ke luar rumah atau menuju dan pulang dari tempat kerja. Yang menjadi masalah adalah, kehujanan bisa membuat pakaian kita basah. Padahal, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ron Eccles dari Common Cold Center di Cardiff, Wales, disebutkan bahwa mereka yang memakai pakaian basah karena kehujanan akan cenderung mudah terkena flu.

doktersehat-hujan-sakit-flu

Beruntung, ada cara yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya flu meskipun kita kehujanan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan.

Rajin cuci tangan dan cuci kaki
Mencuci tangan dengan sabun sangat penting untuk dilakukan demi membunuh berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Selain itu, pastikan untuk mencuci kaki hingga bersih setelah berkendara atau berjalan kaki di luar rumah saat kondisi hujan. Banyak orang yang memilih memakai sandal jepit saat beraktifitas di luar ruangan. Hal ini tentu akan membuat kaki akan lebih mudah terkena cipratan lumpur dan kotoran lainnya yang bisa saja membawa bibit penyakit.

Mandi air hangat
Jika kita kehujanan saat perjalanan pulang kerja. Pastikan untuk mandi air hangat setelahnya. Dengan mandi air hangat, maka kita pun bisa membunuh berbagai bakteri pada tubuh. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih nyaman sehingga tidak mudah jatuh sakit. Jika perlu, tambahkan cairan antiseptik pada air yang kita pakai untuk mandi demi mendapatkan manfaat yang maksimal.

Jangan biarkan rambut tetap basah karena kehujanan
Jika sempat, cobalah berkeramas setelah hujan-hujanan dan pastikan untuk mengeringkan rambut agar kita tidak mudah terkena flu.

Gunakan pelembab
Kulit yang terkena air hujan cenderung akan menjadi lebih kering sehingga sebaiknya segera kita beri lotion pelembab.

Baca Juga:  Sebenarnya Hujan-Hujanan Itu Baik Atau Buruk Bagi Kesehatan?

Minum air hangat
Setelah kehujanan, minumlah teh hangat yang kaya akan antioksidan. Hal ini membuat tubuh akan terasa lebih nyaman dan kandungan antioksidannya juga mampu melawan berbagai virus penyebab penyakit.

Perut tetap terisi
Tak hanya membuat perut berada dalam kondisi kenyang dan menyediakan energi bagi tubuh, nutrisi dari makanan juga bisa membantu mencegah datangnya penyakit. Sup hangat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi di musim hujan yang cenderung dingin.