Begini Caranya Agar Spons Cuci Piring Bisa Bebas Dari Kuman

DokterSehat.Com– Spons cuci piring adalah salah satu benda yang paling sering kita gunakan di rumah. Tanpa adanya spons ini, tentu kita akan kesulitan dalam mencuci piring dan berbagai peralatan makan lainnya. Sayangnya, spons cuci piring ini bisa menjadi sarang kuman karena kondisinya yang kerap lembab dan dipakai untuk membersihkan benda-benda yang kotor. Jika kita terus menggunakannya, dikhawatirkan peralatan makan yang kita gunakan juga terkontaminasi oleh kuman penyebab penyakit.

doktersehat-spons-cuci-piring

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memastikan spons cuci piring tetap bersih dan terbebas dari kuman.

Menjaganya tetap kering
Pastikan untuk segera mengeringkan spons cuci piring setelah menggunakannya. Jangan tempatkan di wadah yang berisi air atau sabun karena kondisi spons yang lembab akan menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Dengan membiarkan spons mengering, pertumbuhan bakteri bisa ditekan dan spons juga lebih awet.

Memakai beberapa jenis spons
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan spons yang berbeda untuk membersihkan peralatan makan, peralatan memasak, hingga spons untuk membersihkan sayuran. Sebagai contoh, tentu akan kurang baik jika kita menggunakan spons yang sebelumnya dipakai untuk membersihkan pisau pemotong daging mentah dan kemudian dipakai untuk membersihkan peralatan makan. Dengan membedakan spons cuci ini, maka kita bisa mencegah penyebaran bakteri.

Mengganti spons dengan rutin
Segera ganti spons cuci piring jika sudah mulai terlihat kotor atau bagiannya mulai mengelupas demi mencegah paparan bakteri yang semakin banyak.

Tidak perlu memakai spons anti bakteri
Beberapa jenis spons yang menawarkan kandungan anti bakteri sebenarnya hanyalah mengandung triclosan saja. Yang menjadi masalah adalah, adanya triclosan ini justru membuat bakteri terjebak dan tidak bisa keluar pada spons dan ke depannya tentu akan mengkontaminasi berbagai peralatan makan lainnya yang kita cuci.