Begini Caranya Agar Selalu Bisa Bangun Pagi Tanpa Memakai Alarm

DokterSehat.Com– Tidak semua orang bisa bangun pagi dengan cara mudah meskipun mereka telah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Aktifitas yang padat hingga tubuh yang memang sudah kelelahan bisa membuat mereka tak bisa melepaskan diri dari kasur yang empuk dan nyaman. Untuk mengatasinya, banyak orang yang sangat mengandalkan alarm yang bisa membangunkannya. Yang menjadi masalah adalah, kadangkala kita terlalu lelah sehingga setelah alarm menyala kita justru tidur kembali.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

Banyak orang yang sengaja memasang alarm beberapa kali secara berurutan karena berharap bisa tidur 5 atau 10 menit lagi agar tubuh bisa lebih segar saat bangun Padahal, cara ini justru membuat tubuh mengalami kekacauan hormon bangun dan hormon tidur yang akhirnya membuat kita terbangun dengan kondisi bingung. Hal ini juga akan membuat tubuh kesulitan untuk menentukan kapan harus bangun pagi atau saat kita bangun tidur, kita justru sedang dalam kondisi lebih emosi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Luberck di Jerman melibatkan 15 partisipan yang diminta untuk tidur di laboratorium selama 3 hari. Para partisipan ini diminta untuk bangun tidur jam 6 pagi dan di waktu lainnya bangun pada jam 9 pagi. Hasilnya adalah, hormon stress pada tubuh cenderung meningkat saat mereka diberitahu untuk bangun lebih pagi.

Agar tidak mudah bergantung dengan alarm namun tetap bisa bangun pada jam yang konsisten setiap pagi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mempertahankan ritme sirkadian tubuh agar tubuh terbiasa dengan pola bangun dan tidur yang konsisten. Sebagai contoh, kita bisa mulai terus tidur mulai jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi. Selain itu, ada baiknya kita mulai menghindari asupan minuman beralkohol atau kebiasaan merokok yang bisa mengacaukan hormon di dalam tubuh dan mengganggu kualitas tidur kita.