Begini Caranya Agar Kita Tidak Makan Secara Berlebihan

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang mengalami masalah berat badan berlebihan ternyata disebabkan oleh kebiasaan makan secara berlebihan yang tanpa kita sadari. Sebagai contoh, kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalori dalam suatu waktu karena rasanya yang sangat luar biasa layaknya pizza yang bisa kita konsumsi hingga tiga potong secara sekaligus, yang bahkan kita tambahi dengan minuman bersoda dan ditutup dengan konsumsi es krim. Memang, ketiga jenis makanan dan minuman ini sangatlah lezat untuk dikonsumsi. Namun, kita akan mengkonsumsi makaann dengan kalori yang sangat berlebihan sehingga ada resiko tinggi terkena masalah perut kembung dan tidak nyaman. Jika kita kerap melakukannya, otomatis berat badan kita juga beresiko bertambah dengan tak terkendali. Lantas, apakah ada cara agar kita bisa menghindari makan secara berlebihan?

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Pakar gizi Leslie Langevin dari Whole Health menyarankan kita untuk menghindari pola makan yang berlebihan, apalagi yang bisa membuat kita kekenyangan setelah makan. Caranya pun sangat sederhana, yakni pengendalian porsi makan kita. Memang, makan dengan porsi yang tidak berlebihan kadangkala akan kurang mantap. Namun, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi yang cukup atau dikurangi saja. Setelah separuh dari makanan ini kita makan, cobalah untuk berhenti selama 10 menit. Kita bisa bermain ponsel atau membaca buku dan barulah kita melanjutkan makan kembali. Hal ini ternyata bisa membuat kita mencegah makan secara berlebihan dengan cukup efektif.

Pakar gizi lain dari C & J Nutrition bernama Stephanie Clarke menyarankan kita untuk mengambil nafas yang sangat dalam atau melakukan sedikit meditasi di tengah-tengah makan. Cara ini sedikit mirip dengan yang disarankan oleh Leslie Langevin. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika memberikan jeda di tangah-tengah makan akan memberikan kesempatan otak untuk memberikan sinyal pada kita untuk kenyang sehingga kita pun tidak akan memakan makanan secara berlebihan kembali.