Begini Caranya Agar Ibu Menyusui Bisa Menurunkan Berat Badannya

DokterSehat.Com– Meskipun menyusui memang bisa membantu menurunkan berat badan setelah hamil, dalam realitanya cukup banyak wanita yang tidak mampu lagi mendapatkan berat badan yang ideal seperti saat sebelum hamil. Yang menjadi masalah adalah, mereka tidak bisa dengan mudah menurunkan asupan kalori harian karena bisa mempengaruhi kualitas atau kuantitas produksi ASI.

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Elizabeth Ward, pakar kesehatan nutrisi ibu selama hamil dan menyusui menyebutkan bahwa ibu menyusui tidak boleh sembarangan menurunkan asupan kalori hariannya karena akan berpengaruh buruk bagi ASI. Padahal, ASI sangatlah penting bagi perkembangan anak, baik itu perkembangan fisik, mental, kecerdasan, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara agar ibu menyusui bisa segera mendapatkan berat badan yang ideal? Tak hanya dengan rutin menyusui atau memerah ASI-nya agar bisa mendapatkan pasokan ASI yang cukup, Elizabeth lebih merekomendasikan ibu menyusui untuk melakukan olahraga secara rutin, bukannya membatasi asupan makan yang memang kurang baik bagi produkasi ASI-nya. Hanya saja, bagi ibu yang melahirkan buah hatinya melalui operasi caesar, aktifitas fisik baru bisa dilakukan setelah luka pada perutnya sudah benar-benar pulih dan tidak boleh dilakukan dengan intensitas yang berlebihan.

Biasanya, enam minggu setelah melahirkan, ibu sudah siap untuk melakukan berbagai aktifitas fisik. Untuk mengawalinya, ibu bisa berjalan kaki setidaknya 15 menit setiap hari, khususnya saat buah hatinya masih tidur. Jika perlu, ibu juga bisa melakukan aktifitas yang dilakukan di dekat-dekat rumah saja layaknya senam sehingga saat buah hatinya terbangun, mereka bisa dengan cepat mendatanginya.