Begini Cara Terbaik Untuk Membersihkan Telingamu

DokterSehat.Com– Membersihkan lubang telinga menggunakan ujung cotton bud memang terasa enak. Namun, dokter benar-benar menyarankan Anda untuk berhenti membersihkan telinga menggunakan cotton bud, tusuk gigi dan masih banyak lainnya.

doktersehat-kotoran-telinga-earwax-perawatan

Sering membersihkan telinga bagian dalam dengan ujung cotton bud bukan ide paling sehat. “Earwax, yang secara resmi dikenal sebagai cerumen, untuk menjaga kulit Anda tetap lembab dan menghalangi infeksi,” kata Ana Kim, M.D., seorang ahli otolaringologi di Columbia Doctors dan profesor otolaringologi di Columbia University Medical Center.

“Jika membersihkan telingan dengan cotton bud bisa menjadi kontraproduktif dengan mendorong kotoran lebih jauh ke dalam,” kata Pusat Kesehatan Ile-Showol Adrenol, Medical Center, M.D. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, seperti juga bekas tusuk telinga yang bisa terjadi akibat penggunaan cotton bud.

“Karena kulit di saluran telinga Anda halus, cotton bud dapat merusaknya dengan mudah, yang mengundang bakteri masuk,” kata Dr. Kim. Kemungkinan infeksi yang lebih besar. Sebenarnya, Anda harus menghindari meletakkan sesuatu di dalam telinga Anda.

Jadi, bagaimana cara menjaga kebersihan telinga? Dengan cara yang sama Anda membersihkan tubuh Anda, yakni dengan lap lembut di bagian luar. Anda tidak perlu membersihkan bagian dalam sama sekali, karena kotoran akan keluar sendiri.

“Alam membuat lubang telinga menjadi pembersih diri,” kata Dr.Kim. Jika Anda harus menggunakan cotton bud, tetap berpegangan pada telinga luar, yang tidak mudah rusak. Itu bisa membantu menghilangkan kotoran atau penumpukan eksternal.

“Satu-satunya pengecualian untuk peraturan ini adalah saat kotoran telinga Anda menciptakan gangguan pendengaran, penyumbatan, atau kotoran kuning dan coklat,” kata Dr. Kim.

Tetap saja, itu bukan alasan untuk menggunakan cotton bud. Jika Anda ingin menyingkirkan kotoran telinga di rumah, Anda dapat mencoba mengunakan obat tetes telinga, kata Dr. Showalter. Memasukkan obat tetes ke telinga Anda untuk melembutkan kotorandalam telinga, dan kemudian Anda membersihkannya dengan air hangat menggunakan semprit untuk telingan.

Baca Juga:  Kotoran Telinga Menumpuk Hingga Menutup Lubang Telinga, Pria ini Sempat Tak Bisa Mendengar

Namun, jika Anda memperhatikan masalah pendengaran yang terkait dengan kotoran telinga atau melihat jenis apa pun di dalam telinga, Anda benar-benar harus menemui dokter Anda.

“Cara paling aman untuk membersihkan telinga Anda adalah dengan menggunakan pro —alat medis untuk telinga,” kata Dr. Kim. Jika kotorannya lunak, dokter mungkin akan membuangnya dengan alas hisap, namun jika sulit bisa menggunakan kuret cerumen untuk menarik kotoran telinga keluar. Cara terbaik, dokter secara visual akan memperbesar telinga untuk memastikan membersihkan segala sesuatu dari dalam telinga tanpa melukai.