Begini Cara Terbaik Merawat Kulit Wajah yang Berminyak

DokterSehat.Com – Memiliki masalah kulit berminyak bisa membuat kita kurang percaya diri dengan penampilan kita. Bagaimana tidak, kulit berminyak bisa membuat wajah kita terlihat kusam atau bahkan memicu datangnya jerawat atau komedo. Karena alasan inilah cukup banyak orang yang rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya demi mendapatkan produk perawatan kecantikan yang bisa mengatasi masalah kulit berminyak. Tak hanya menggunakan produk perawatan kecantikan yang tepat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai hal berikut demi mengatasi masalah kulit berminyak.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Memperhatikan kandungan pada sabun muka
Jika masalah kelebihan minyak pada wajah tidak kunjung berubah bahkan setelah kita mencuci muka dengan sabun, bisa jadi kandungan sabun muka yang kita pakai memang tidak cocok untuk kulit kita. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan sabun muka yang cenderung lebih transparan tanpa memiliki formula krim. Selain itu, periksalah kandungan dari sabun muka tersebut. Jika terdapat kandungan benzoil peroksida, minyak dari pohon teh, asam salisilat, atau minyak nimba, maka pilihlah sabun muka ini karena memiliki kemampuan untuk mengendalikan produksi minyak pada kulit.

Tidak mencuci muka terlalu sering
Karena ingin mencegah produksi minyak berlebihan, banyak orang yang memilih untuk mencuci muka dengan sering. Sayangnya, hal ini justru akan membuat kulit mudah kering dan pada akhirnya membuatnya memproduksi lebih banyak minyak.

Tetap memakai produk pelembab
Karena tidak ingin mukanya menjadi terlihat lebih berkilau, maka mereka dengan masalah kulit berminyak memilih untuk tidak memakai pelembab. Sayangnya, hal ini justru akan membuat kulit memproduksi minyak dengan lebih banyak. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk menggunakan pelembab, khususnya yang memiliki kandungan lidah buaya, glisterin, serta asam hyaluronic.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Croup Pada Balita

Tidak menggunakan make-up berlebihan
Gunakan make-up yang tidak berat dan tidak memiliki kandungan minyak. Namun, jika anda pede untuk tampil tanpa make-up, hal ini akan lebih baik bagi kesehatan kulit.

Tidak melakukan proses eksfoliasi
Proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati secara berlebihan bisa membuat asam lemak yang sangat dibutuhkan akan menghilang. Gunakan saja masker tanah liat yang bisa membantu mengendalikan produksi minyak pada kulit.