Begini Cara Terbaik Bersihkan Telinga

DokterSehat.Com – Cotton bud atau penyeka kapas merupakan alat yang umum digunakan untuk membersihkan telinga, selain sabun dan air. Namun sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum menggunakannya.



Sebagian besar orang menggunakan cotton buds atau penyeka kapas untuk membersihkan telinga. Cara ini dinilai sangat praktis dan efektif, namun kini Anda harus berpikir ulang untuk menggunakannya. Sebuah studi terbaru oleh Henry Ford Hospital menyatakan membersihkan telinga dengan cotton buds dapat berisiko kerusakan telinga bagian dalam.

Berbagai merek cotton buds menawarkan penyeka kapas yang lembut dan tidak memasuki liang telinga. Namun, menempelnya penyeka kapas pada saluran telinga bisa mengakibatkan gangguan pendengaran dikarenakan oleh kotoran telinga. Rachel Pritzker, MD, seorang dokter kulit di Chicago mengatakan kotoran telinga atau cerumen alami melumasi dan melindungi telinga bagian dalam dari unsur-unsur luar. Oleh karena itu, penggunaan penyeka kapas yang berlebihan tidak baik bagi telinga Anda.

Jika ingin membersihkan telinga dengan cara yang aman, teteskan baby oil 3-4 tetes saja ke dalam telinga menggunakan pipet dengan posisi kepala miring ke samping. Kemudian, dengan posisi kepala yang sama tutup lubang telinga menggunakan kapas, tunggu hingga 15 menit. Setelah itu, buka kapas pada luang telinga dan masukkan beberapa tetes air hangat menggunakan pipet. Dengan posisi kepala miring yang berbalik arah, tutup daun telinga menggunakan handuk atau kain lembut. Cara ini lebih efektif dan aman untuk membersihkan kotoran pada telinga.

Nah, kini Anda sudah tahu kan cara membersihkan telinga dengan cara yang tepat. Pastikan si kecil dan keluarga tidak menggunakan cotton buds yang berlebihan ya. Apalagi, si kecil yang masih belum tahu cara menggunakannya. Cara membersihkan telinga dengan baby oil lebih mudah dan aman kan?