Begini Cara Suhu Panas Bisa Bikin Tubuh Sangat Lelah

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

DokterSehat.Com– Jika kita baru saja melewati hari yang sangat panas atau baru saja melakukan kegiatan di luar rumah saat cuaca sedang sangat terik, tubuh akan cenderung jauh lebih lelah dari biasanya sehingga kita hanya ingin segera tertidur. Sebenarnya, bagaimana cara suhu panas membuat tubuh kita menjadi sangat lelah?

Pakar kesehatan Dr. Michelle Casey yang berasal dari Duke Health yang ada di Carolina Utara, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa saat cuaca sedang sangat panas, maka tubuh akan bekerja dengan lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap dalam kondisi dingin. Kerja keras tubuh inilah yang membuat kita kelelahan.

Saat suhu udara sangat panas, tubuh akan melebarkan pembuluh darah dengan tujuan mengalirkan darah sedekat mungkin dengan permukaan kulit dengan tujuan meredam panas yang dirasakan oleh kulit. Karena alasan ini pulalah kulit kita terlihat lebih merah saat kepanasan. Selain itu, tubuh juga memproduksi keringat dalam jumlah yang lebih banyak yang membuat jantung berdetak lebih keras dan sistem metabolisme tubuh juga meningkat.

Jika kita berada di luar rumah saat suhu udara sangat panas dan terpapar langsung sinar matahari, maka kulit akan mengalami dampak berupa berubahnya pigmen, mengalami luka bakar, hingga munculnya keriput. Tubuh pun segera memindahkan cairan menuju bagian kulit yang terdampak tersebut dengan tujuan menyembuhkan. Hal ini akan menurunkan kadar cairan tubuh dengan signifikan sehingga berimbas pada semakin lelahnya tubuh.

Untuk mengatasi rasa lelah ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera berteduh, mencari ruangan yang lebih sejuk, dan segera minum air untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Hal ini juga akan mencegah datangnya efek buruk dari dehidrasi.