Begini Cara Paling Tepat Untuk Menghilangkan Jerawat

DokterSehat.Com – Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan kulit wajah yang paling menjengkelkan. Tak hanya membuat penampilan wajah menjadi kurang cantik, jerawat juga bisa memicu rasa nyeri dan tidak nyaman. Karena alasan inilah cukup banyak orang yang tidak bisa menahan hasratnya untuk memencet jerawat. Padahal, bukannya akan membuat jerawat menghilang, memencet jerawat bisa memicu masalah lain yang justru akan membuat kulit wajah kita menjadi rusak.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari New York, Amerika Serikat, bernama Rhoda Narins, MD, berkata bahwa jika kita memencet jerawat, yang terjadi adalah wajah kita akan mengalami masalah kemerahan, bopeng-bopeng, hingga timbulnya jaringan parut. Bahkan, menurut Rhoda, memencet jerawat bisa memicu masalah jerawat menjadi semakin parah. Hal ini dikarenakan tatkala kita memencet jerawat, nanah akan keluar dan menyebar ke berbagai bagian kulit. Hal ini justru akan memicu pertumbuhan jerawat baru.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat tanpa harus memencetnya? Rhoda menyarankan kita untuk menggunakan kompres air hangat pada jerawat. Dengan adanya kompres hangat ini, nanah akan cenderung lebih mudah naik ke permukaan kulit sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Setelah itu, kita bisa menggunakan drying lotion pada jerawat. Jika kita tidak memiliki drying lotion ini, kita juga bisa menggunakan pasta gigi untuk membuat jerawat lebih cepat mengering.

Jika kita memiliki masalah jerawat yang cukup parah, cobalah untuk bersabar dan jangan mudah memencetnya. Periksakan kondisi ini ke dermatolog yang bisa memberikan solusi lebih baik untuk mengatasi jerawat, baik itu berupa obat-obatan atau bahkan dengan suntikan khusus. Dengan mengunjungi dermatolog, kita juga akan bisa mendapatkan produk perawatan kulit yang paling tepat bagi jenis kulit kita sehingga kita pun tidak akan mudah terkena jerawat di masa depan.