Begini Cara Paling Efektif Untuk Memilih Bahan Makanan yang Segar dan Berkualitas Terbaik

DokterSehat.Com– Saat kita sedang berada di pasar atau supermarket, kita seringkali kebingungan saat memilih bahan makanan mana yang sekiranya masih berkualitas baik atau tidak. Beruntung, ternyata ada beberapa cara unik yang bisa kita lakukan untuk memilih bahan makanan yang terbaik sebelum kita beli. Apa sajakah cara unik tersebut?



Memilih daging
Daging yang masih segar memiliki warna merah jambu, bukan merah yang terang atau kecokelatan. Perhatikan pula garis lemaknya. Ada baiknya kita memilih yang masih berkilau dan tidak tebal. Selain itu, daging berkualitas akan lebih cepat kembali ke bentuk aslinya saat kita tekan dan tidak mudah menempel di tangan.

Memilih madu
Madu alami dan berkualitas cenderung memiliki warna yang transparan dengan tekstur yang seragam. Madu yang bagus juga memiliki rasa yang manis, beraroma khas, dan mudah diserap oleh kulit saat menetes pada jari.

Memilih ikan
Ikan yang segar bisa diketahui dari matanya yang masih jernih, bukannya keruh atau menggelembung. Tak hanya itu, warna insang ikan segar berupa merah terang, bukannya merah muda. Ekor ikan yang segar juga tidak kaku.

Memilih roti
Roti terbaik adalah yang didapatkan dari toko roti. Hanya saja, ada baiknya kita memilih roti yang tidak dibungkus dengan plastik. Memang, roti yang dibungkus dengan plastik akan lebih tahan lama dan bersih. Namun, roti ini akan kehilangan rasa alaminya setelah beberapa jam dibungkus di dalam plastik.

Memilih wortel
Wortel yang berkualitas adalah yang memiliki warna yang tidak terlalu terang, tidak berbintik, dan yang berukuran kecil.

Memilih daun bawang
Perhatikan batas antara warna putih dan hijau pada daun bawang ini. Jika perbedaan warna ini tegas,maka daun bawang ini berkualitas bagus. Jika ada gradasi antara warna hijau dan putih, maka daun bawang biasanya memiliki tekstur yang lebih keras.

Memilih cokelat
Perhatikan komposisi di bungkus cokelat. Jika daftar bahan pembuatnya semakin sedikit, maka semakin bagus kualitas cokelat. Selain itu, pastikan ada kandungan kakao pada cokelat yang kita pilih. Pilihlah pula cokelat yang mengandung minyak kakao, bukannya minyak sayur.