Begini Cara Menjemur Bayi Bagi Orang Tua yang Baru Pertama Kali Memilikinya

DokterSehat.Com– Salah satu tips yang direkomendasikan bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi adalah untuk selalu menjemur bayinya dengan sinar matahari pagi yang hangat dan nyaman. Pakar kesehatan spesialis anak bernama dr. Klara Yuliarti, SpA menyebutkan bahwa ada banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi bayi jika mereka kerap dijemur setiap pagi.

doktersehat-bayi-tertawa

Manfaat pertama yang didapatkan bagi bayi yang dijemur secara rutin adalah aktifnya produksi vitamin D di dalam tubuhnya. Sebagai informasi, vitamin D sebenarnya bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan tertentu. Hanya saja, jumlah vitamin D dalam makanan ini cenderung sedikit. Dengan terpapar sinar matahari pagi, maka vitamin D yang memiliki jumlah cukup besar pada kulit pun akan terpecah dan lebih aktif. Hal ini tentu akan membantu perkembangan tulang dan gigi anak.

Banyak orang tua yang menyebutkan bahwa menjemur bayi bisa mencegah datangnya penyakit kuning. Sayangnya dr. Klara menyebut hal tersebut kurang tepat. Menurut beliau, gelombang sinar matahari pagi tidaklah sama dengan gelombang sinar biru yang mampu memecah bilirubin pada bayi yang terkait dengan penyakit kuning. Namun, tetap saja, menjemur bayi memang sangat baik bagi kesehatan bayi.

Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi, dr. Klara menyarankan mereka untuk menjemur bayi di antara pukul 07.00 hingga 08.00. Menjemurnya juga tidak perlu lama-lama, yakni sekitar 10 hingga 30 menit saja. Sinar matahari di jam-jam tersebutlah yang dianggap sangat baik dan nyaman bagi bayi dan tidak akan membuat bayi terasa silau atau kepanasan. Untuk melakukannya, pastikan agar semua bagian kulit bayi terkena paparan sinar matahari pagi, bukannya satu sisi saja.