Begini Cara Menjaga Kebersihan Organ Vital Saat Memakai Toilet Umum

DokterSehat.Com – Meskipun Hari Lebaran sudah terlewati, dalam realitanya jalan-jalan utama masih dipenuhi kendaraan yang ingin melakukan arus balik atau ingin bepergian menuju ke tempat wisata. Jika anda termasuk dalam orang-orang yang masih berlalu-lalang di jalan raya ini, anda tentu pernah menggunakan toilet umum baik itu di rest area, pom bensin, dan di tempat-tempat lainnya, bukan? Meskipun sangat membantu, banyak orang yang khawatir tentang kebersihan organ vitalnya saat buang air di toilet umum. Sebenarnya, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa tetap menjaga kebersihan organ vital saat menggunakan toilet umum?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan dr. Galih Manggala, SpKK yang berasal dari rumah sakit Permata, Depok, menyebutkan bahwa sebelum kita memakai toilet umum, ada baiknya kita membersihkan toilet dengan cairan antiseptic. Setelahnya, barulah kita bisa menggunakannya untuk buang air. Biasanya, di toilet-toilet tersebut sudah ada cairan antiseptik yang tinggal kita gunakan pada toilet duduk, setelahnya, kita hanya perlu mengeringkannya dan barulah toilet kita bisa kita gunakan.

Untuk membersihkan organ vital kita setelah buang air, kita bisa menggunakan air keran yang biasanya juga tersedia di toilet umum tersebut. Namun, untuk jaga-jaga, bawalah air mineral dalam kemasan jika ember atau air keran kurang bersih atau bahkan air tidak mengalir sama sekali.

Bagi kaum hawa sendiri, ada baiknya mereka lebih berhati-hati dalam membersihkan organ vitalnya setelah buang air di toilet umum. Pastikan untuk membilas organ vitalnya dari arah depan ke bagian belakang demi mencegah munculnya infeksi.

Tips lain yang dikemukakan oleh dr. Galih adalah agar kita tidak menggunakan baju atau celana yang ketat karena bisa saja memicu kelembaban pada organ vital yang tentu akan meningkatkan resiko munculnya jamur. Dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar, bagian organ vital juga tidak akan mengalami masalah kelembaban sehingga akan terasa lebih nyaman.