Begini Cara Mengendalikan Gula Darah Jika Ingin Mencegah Diabetes

DokterSehat.Com– Setiap tanggal 14 November kita memperingati Hari Diabetes Sedunia. Sebagaimana kita ketahui, diabetes ternyata adalah salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di Indonesia dengan persentase 6,7 persen dari jumlah penderitanya. Angka ini adalah yang terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner (12,9 persen) dan stroke (21,1 persen). International Diabetes Federation pada tahun 2015 menyebut jumlah penderita diabetes di Indonesia adalah sekitar 10 juta jiwa. Angka ini tentu sangat besar dan mengkhawatirkan, bukan?

Jenis Obat Untuk Penyakit Diabetes

Diabetes seringkali ditandai dengan kadar gula darah yang sudah lebih tinggi dari angka yang normal. Hal ini berarti, dengan mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik, kita bisa lebih baik dalam mencegah diabetes. Berikut adalah beberapa cara untuk mengendalikan kadar gula darah dengan baik.

Melihat faktor riwayat keluarga
Jika ada anggota keluarga, khususnya orang tua yang terkena diabetes, maka bisa jadi kita juga beresiko untuk terkena penyakit ini sehingga harus lebih berhati-hati dalam menerapkan gaya hidup agar tidak mudah terkena diabetes.

Tidak lagi melakukan gaya hidup tidak sehat
Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis, makanan cepat saji, dan makanan tidak sehat lainnya ada baiknya kita hindari agar tidak terkena diabetes. Pastikan untuk menjaga pola makan dengan kadar gizi seimbang setiap hari. Selain itu, kebiasaan jarang bergerak harus diganti menjadi rajin bergerak dan berolahraga. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk berolahraga setidaknya 30 hingga 45 menit dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena diabetes.

Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko terkena diabetes dengan signifikan. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga berat badan dengan ideal demi mencegah masalah keseahtan ini.

Baca Juga:  Buah Ini Bisa Mencegah Diabetes

Mencegah stress
Tak disangka, stress ternyata juga bisa memicu datangnya diabetes sehingga harus dikendalikan dengan baik.

Rutin melakukan cek kesehatan
Dengan rutin melakukan pengecekan kesehatan, kita bisa lebih baik dalam mengetahui kondisi tubuh, khususnya dalam memonitor kadar gula dalam darah agar bisa mengendalikannya dengan lebih baik.