Begini Cara Mengatasi Ambeien Tanpa Harus Operasi

DokterSehat.Com– Cukup banyak masyarakat Indonesia yang terkena ambeien. Biasanya, penyakit ini menyerang mereka yang terbiasa duduk dalam waktu yang lama. Adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus yang disebabkan oleh penyakit ini tentu akan membuat rasa tidak nyaman, apalagi jika ambeien sampai berdarah saat buang air besar.

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

Berikut adalah beberapa cara mengobati ambeien dengan menggunakan bahan alami.

Bawang putih
Bawang putih kaya akan kandungan vitamin C, zat besi, kalsium, sulfida alili, serat, allicin, dan kandungan baik lainnya. Kandungan allicin-lah yang bisa berperan sebagai anti bakteri dan anti oksidan yang mampu mengobati ambeien dengan efektif.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menumbuk halus 2 siung bawang putih. Setelahnya, oleskan bawang putih ini pada area ambeien di sekitar anus. Kita juga bisa mengkonsumsi jus bawang putih setiap hari agar ambeien semakin kempis.

Kulit manggis
Kulit manggis bisa berperan sebagai anti oksidan, anti peradangan, dan anti bakteri. Kandungan alfa-mangistin dan gamma-mangostin pada bahan alami ini bisa menurunkan peradangan pada ambeien. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu meminum air rebusan kulit manggis yang sudah dikeringan terlebih dahulu secara rutin.

Daun sirsak
Kita hanya perlu merebus daun sirsak dan meminumnya secara teratur jika ingin mengatasi ambeien dengan efektif. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu merebus 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air. Rebus hingga airnya hanya tersisa separuh dan minumlah secara rutin pada pagi dan malam.

Lidah buaya
Lidah buaya bisa berperan sebagai anti oksidan dan detoksifikasi alami tubuh. Manfaat ini disebut-sebut bisa mengatasi ambeien secara alami. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu membuat lidah buaya ini menjadi jus dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Baca Juga:  Pakar Kesehatan: Semakin Banyak Anak Muda yang Terkena Penyakit Para Lansia

Akar kangkung
Jika daunnya kerap kita jadikan sayuran, maka akar kangkung yang kaya akan kandungan vitamin, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi ini bisa kita jadikan obat ambeien. Setelah batang dan akar kangkung dibersihkan, kita tinggal merebusnya dengan 2 gelas air. Jika air yang tersisa tinggal separuh, kita tinggal meminumnya secara rutin setiap hari.