Begini Cara Mendeteksi Apakah Seseorang Berbohong atau Tidak

doktersehat-mulut-bau

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika orang yang berbohong ternyata akan melakukan beberapa perubahan pada gerakan tubuhnya. Pakar bahasa tubuh bernama Traci Brown menyebutkan bahwa orang yang jujur akan cenderung melakukan gerakan tubuh sebelum berbicara. Sementara itu, orang yang berbohong akan cenderung melakukan gerakan sesaat setelah mulai berbicara. Seperti apakah tanda-tanda orang yang sedang berbohong tersebut?

Wajah
Salah satu cara termudah untuk mendeteksi apakah seseorang berbohong atau tidak adalah dengan melihat apakah mereka berani melakukan kontak mata atau tidak. Jika tidak, ada kemungkinan besar Ia sedang berbohong. Selain itu, mata akan cenderung lebih banyak berkedip dari biasanya.

Gerakan tangan
Meskipun tidak selalu bisa dijadikan patokan apakah seseorang sedang berbohong atau tidak, dalam banyak kasus, gerakan tangan bisa menandakan seseorang sedang berbohong. Hal ini disebabkan oleh rasa cemas yang muncul karena khawatir jika kebohongannya terungkap sehingga berusaha untuk melakukan gerakan untuk menenangkan diri. Gerakan ini bisa berupa menyentuh mulut, hidung, mata, telinga, rambut, bergumam, membunyikan persendian jari, dan gerakan lainnya. Selain itu, Patti Wood yang merupakan pakar bahasa tubuh juga menyebutkan bahwa orang yang berbohong akan cenderung lebih mudah menggaruk atau mengusap mata, hidung, telinga atau mulutnya. Hal ini disebabkan oleh ujung saraf yang terkena dampak stress akibat dari mengatakan kebohongan yang menimbulkan rasa gatal.

Gerakan kaki
Orang yang sedang berbohong kakinya cenderung sulit untuk diam. Tak hanya menekuk atau menyilangkan kaki, orang yang berbohong juga cenderung mengetuk-ngetukkan kaki.

Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk melihat lawan bicara anda dengan lebih cermat saat berbicara. Jika mereka melakukan gerakan-gerakan tersebut, ada kemungkinkan mereka sedang berbohong.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik