Begini Cara Memilih Daging Merah yang Bebas Kolesterol

DokterSehat.Com– Daging termasuk dalam bahan makanan yang mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Hanya saja, banyak orang yang menganggap daging, khususnya daging merah sebagai sumber dari kolesterol yang tentu berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya, apakah ada daging merah yang bebas atau hanya memiliki sedikit kandungan kolesterol?

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Pakar kesehatan gizi bernama Leona Victoria menyebutkan bahwa kita ternyata bisa mendapatkan daging merah berkualitas yang tidak banyak memiliki kolesterol. Caranya adalah memilih daging yang tidak banyak memiliki urat dan lemak. Kedua bagian ini ternyata bisa dikenali saat kita memilih daging di toko atau supermarket dengan warna putih. Sebelum dimasak atau saat dicuci, kita juga bisa menghilangkan lemak yang memiliki warna putih dan menempel pada daging merah yang masih mentah tersebut.

Tak hanya saat memilih daging, ada baiknya kita juga memperhatikan bagaimana cara kita memasak daging tersebut. Sebagai contoh, ada baiknya kita tidak menambahkan bahan seperti santan yang membuat makanan dari daging ini menjadi kaya kolesterol. Selain itu, kita juga sebaiknya membatasi asupan daging yang dijadikan rendang agar tidak berlebihan karena juga bisa membuat kadar kolesterol dalam darah naik.

Selain membatasi asupan makanan daging-dagingan, Leona menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi minuman manis yang sudah ditambahi dengan gula seperti es teh manis yang juga bisa ikut memicu masalah kolesterol dengan tubuh. Air putih jauh lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah makan karena lebih sehat.