Begini Cara Memilih Buah Semangka yang Manis

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak suka dengan buah semangka. Buah yang kaya akan kandungan air ini bisa sangat menyegarkan untuk dikonsumsi, apalagi jika suhu udara cukup panas. Tak hanya itu, buah semangka juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan. Sayangnya, cukup banyak orang yang mengaku kebingungan saat memilih semangka di toko buah. Bentuk, warna, dan tekstur buah semangka yang terlihat sama saja dari luar akan membuat kita kesulitan untuk memilih buah semangka mana yang berkualitas dan memiliki rasa yang manis. Berikut adalah tips untuk memilih buah semangka agar kita bisa mendapatkan buah yang manis.

doktersehat-semangka-watermelon-sehat-buah-fruit-baik-untuk-pria

Bentuk semangka
Semangka yang manis biasanya memiliki bentuk yang bulat, bukan yang berbentuk lonjong atau memanjang

Warna semangka
Warna kulit semangka memang cenderung sama, yakni hijau gelap dengan tekstur yang khas. Namun, jika kita cermati, semangka biasanya memiliki semacam semburat warna kekuningan atau terang di bagian bawahnya. Jika warna bagian bawah ini semakin putih, semangka ini biasanya kurang manis. Namun, jika warna bagian bawah ini kuning, maka semangka ini bisa dipastikan manis. Tak hanya itu, pastikan untuk memilih semangka dengan perbedaan warna yang tajam antara putih dan hijau karena biasanya semangka inilah yang memiliki rasa manis.

Rupa semangka
Banyak orang yang tidak memilih semangka dengan rupa yang jelek dan lebih memilih semangka yang mulus. Padahal, semangka yang cenderung cacat dan tidak mulus biasanya adalah yang manis. Ketidakmulusan kulit semangka dan disertai dengan tanda kecokelatan ternyata adalah tanda dimana lebah pernah menggigitnya. Lebah tentu tidak sembarangan dalam mencari buah yang tidak manis, bukan?

Bonggol semangka
Bonggol semangka yang terlihat sudah kering dan tidak menonjol namun masih terlihat segar biasanya menandakan bahwa semangka baru dipetik namun dalam keadaan sudah benar-benar matang dan manis.

Baca Juga:  Ibu Hamil Sebaiknya Sering-Sering Makan Buah Ini

Menepuk semangka
Pilihlah semangka dengan ukuran sedang dan tepuk-tepuklah semangka tersebut. Jika semangka berbunyi layaknya memiliki rongga di dalamnya, maka semangka ini sebaiknya kita pilih.