Begini Cara Makan Siang untuk Program Diet Anda

doktersehat-diet-anoreksia

DokterSehat.Com– Sarapan memang memberikan semua kemuliaan sebagai makanan terpenting untuk memulai aktivitas. Tapi makan siang juga memainkan peran penting, terutama bagi siapa saja yang mencoba untuk menjalani program diet.

Jika makanan siang Anda terlalu minim, Anda mungkin makan berlebihan saat makan malam. Sementara makan siang yang terlalu berat bisa membuat Anda mengantuk dan lamban, ini bukan pola pikir ideal untuk usaha menurunkan berat badan yang sedang Anda jalani.

Berikut adalah lima opsi yang menghasilkan keseimbangan yang tepat, untuk membantu Anda menurunkan berat badan dengan sehat.

Masing-masing mengandung banyak sayuran kaya nutrisi, protein tanpa lemak, dan lemak bermanfaat, bersama dengan sebagian kecil karbohidrat yang baik —tapi itu cukup untuk memberi energi, tapi tidak cukup untuk mencegah Anda menurunkan berat badan.

Efisiensi menyiapkan makan siang
Salah satu strategi paling sederhana adalah membuat porsi makan malam dua kali lipat, dan mengemasi sisa makanan untuk makan siang keesokan harinya. Sertakan dua porsi sayuran hijau seukuran baseball, disiapkan bersama extra virgin olive oil (EVOO) dan bumbu. Pertimbangkan menggunakan sayuran hijau yang ditaburi EVOO, balsamic, dan ramuan herbal; EVOO dan masakan yang ditumis atau bayam bakar oven, kangkung, brokoli, kubis Brussel, asparagus, kacang hijau, atau zucchini.

Tambahkan sebagian protein tanpa lemak yang dimasak, seperti setengah cangkir kacang-kacangan, tiga ons daging ayam atau atau ikan. Dan sertakan setengah cangkir tepung kaya nutrisi, seperti ubi jalar, cokelat, atau nasi merah.

Makanan yang ditumis
Tidak ada salahnya Anda menumis makanan secara sederhana. Siapkan api kecil, tumis seperempat cangkir bawang merah yang sudan dicincang, dan tuangkan sepertiga kaldu sayuran rendah natrium hingga meresap. Tambahkan secangkir brokoli dan setengah cangkir masing-masing paprika merah cincang dan kubis ungu. Masukkan satu sendok teh bawang putih cincang, seperempat sendok teh jahe parut segar, satu per delapan sendok teh masing-masing lada merah dan lada hitam, dan tumis sampai sayuran sedikit empuk.

Kemudian tambahkan satu porsi protein tanpa lemak yang dimasak, seperti tiga ons dada ayam cincang atau setengah cangkir kacang polong. Sajikan lebih dari setengah cangkir nasi goreng, dan hiasi seperempat cangkir irisan almond.

Makanan yang memikat mata Anda
Memang benar bahwa kita makan dengan mata dan juga perut kita. Banyak orang mengatakan bahwa makanan yang dibuat dengan indah membantu mereka tetap berada di jalur yang sehat, dan merasa lebih kenyang.

Salah satu tren yang belum sirna adalah salad mason jar: Isi bagian bawah dengan setengah cangkir kentang manis panggang oven atau kentang ungu. Tambahkan lapisan sayuran berdaun gelap, bergantian dengan irisan tomat anggur, wortel robek, dan paprika kuning; dan atasnya dengan tiga ons salmon kaleng atau setengah cangkir kacang merah matang.

Tepat sebelum Anda siap untuk makan, taburi salad dengan saus di atasnya, kemudian beri satu setengah sendok air, satu sendok teh jus lemon segar, bawang putih cincang, dan seperdelapan sendok teh masing-masing garam laut dan cabe rawit. Nah, siap Anda foto untuk dikirimkan di Instagram pribadi Anda.

Memilih makanan yang tepat
Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa sushi adalah makan siang yang sehat dan melangsingkan tubuh. Sebenarnya, sushi gulung pada umumnya dikemas dengan nasi putih, dan termasuk sedikit protein dan sayuran. Pilihan makanan Jepang yang lebih baik adalah salad dengan saus jahe, tiga ons sashimi atau tuna, dengan lapisan alpukat, dan lapisan kecil nasi merah.

Menyertakan sayuran dalam makan siang Anda
Tidak ada waktu untuk duduk dan makan yang sebenarnya? coba Anda sertakan beberapa genggam sayuran mentah pada makan siang Anda, seperti irisan mentimun, paprika merah atau seledri, dengan mentega almond. Untuk protein, sertakan setengah cangkir buncis panggang oven, beberapa telur rebus, atau tiga ons dada ayam bakar yang sudah diiris. Yummy, selamat mencoba.