Begini Cara Keramas yang Bisa Mengatasi Ketombe

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan rambut yang bisa membuat kepercayaan diri kita menghilang adalah ketombe. Bagaimana tidak, ketombe akan membuat rambut kita gatal-gatal dan mengeluarkan semacam serbuk putih pada bahu yang tentu akan membuat kita terlihat sangat jorok. Meskipun kita sudah menggunakan shampoo anti ketombe, seringkali masalah ketombe ini tidak bisa hilang begitu saja.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika selain menggunakan shampoo yang tepat, ada baiknya kita memperhatikan cara keramas yang tepat agar bisa segera menghilangkan ketombe. Berikut adalah cara keramas yang tepat tersebut.

Berkeramas dengan posisi menunduk
Saat menggunakan shampoo, kita bisa saja berdiri seperti biasanya. Pastikan untuk memijat-mijat rambut dan kulit kepala agar shampoo bisa mengangkat ketombe dengan efektif. Setelahnya, kita bisa mulai menunduk saat membilas shampoo tersebut dari rambut agar ketombe juga bisa ikut keluar bersama dengan air.

Lebih baik dalam menggunakan shampoo
Cukup banyak orang yang kesulitan untuk membersihkan ketombe dari rambutnya karena menggunakan shampoo dengan asal-asalan. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mengusap shampoo secara merata hingga ke kulit kepala dan memijat-mijatnya agar ketombe serta sel kulit mati bisa terangkat. Memang, hal ini akan membuat sesi keramas menjadi lebih lama. Tapi, hal ini akan membuat rambut akan menjadi lebih bersih.

Menggunakan kondisioner pada batang rambut
Demi mengatasi ketombe, cobalah untuk menggunakan kondisioner ini hingga ke batang rambut saja mengingat ada sebagian orang yang memiliki kulit kepala yang cenderung lebih mudah teriritasi atau mengalami ketombe akibat dari penggunaan kondisioner.

Tidak menggunakan penutup kepala saat rambut masih basah
Demi menurunkan jumlah ketombe, ada baiknya kita tidak menggunakan penutup kepala layaknya topi atau jilbab terlebih dahulu saat rambut masih basah. Hal ini berarti, pastikan untuk berkeramas di waktu dimana setelahnya kita tidak perlu memakai penutup kepala. Selain itu, jangan menggunakan gel atau foam penata rambut.