Begini Cara Efektif Untuk Mempertahankan Berat Badan Tetap Ideal

DokterSehat.Com– Bagi sebagian orang menurunkan berat badan adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, untuk itu butuh perjuangan dan komitmen yang luar biasa untuk mendapatkannya. Kenapa kita perlu mendapatkan berat badan ideal? Kita perlu mempertahankan berat badan ideal untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM). Keseimbangan energi ditunjukkan dengan tercapainya berat badan ideal. Berat badan ideal ditentukan berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT).

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Sudahkah berat badan anda ideal? Mari coba cara perhitungan IMT berikut:

perhitungan IMT

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan beberapa tips sebagai berikut agar bisa mempertahankan berat badan tetap ideal.

Mengecek timbangan secara teratur
Dengan selalu mengecek berat badan dengan teratur, maka kita pun bisa selalu mengetahui apakah berat badan kita naik atau tidak. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengecek berat badan seminggu sekali. Jika berat badan naik sebanyak 1 atau 1,5 kg, kita tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun, jika berat badan yang naik lebih dari angka tersebut, maka ada baiknya kita kembali menjaga pola makan dan rutin berolahraga demi menurunkannya.

Waktu istirahat yang cukup
Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya waktu tidur yang cukup untuk menjaga berat badan tetap ideal. Jika kita kurang tidur karena stress, maka sistem metabolisme tubuh tidak akan benar-benar membakar kalori dengan maksimal dan akhirnya meningkatkan berat badan.

Menjaga pola makan yang sehat
Setelah mendapatkan berat badan yang ideal, bukan berarti kita bisa makan dengan sembarangan. Kementerian Kesehatan Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menyarankan kita untuk menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Tak hanya bisa membantu kita menjaga berat badan tetap ideal, hal ini juga bisa menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

Baca Juga:  Berapa Jumlah Kandungan Lemak dalam Makanan Kita?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mulai mengurangi asupan makanan berlemak, kaya kandungan garam, gulam dan berminyak. Selain itu, ada baiknya kita semakin memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan yang kaya serat dan nutrisi lain yang bisa membantu menjaga berat badan.

Tak hanya tentang pemilihan bahan makanan, ada baiknya kita juga menjaga porsi makan yang tepat dan tidak berlebihan. Dengan memperbanyak sayuran yang kaya serat dan mengenyangkan, kita bisa mencegah konsumsi nasi atau sumber karbohidrat lain yang terlalu banyak.

Rutin berolahraga
Karena berbagai kesibukan, banyak orang yang hanya sempat berolahraga sekali atau dua kali dalam sepekan. Beberapa jenis olahraga seperti jogging, sprint, atau skipping bisa kita pilih agar bisa tetap membakar kalori di tengah kesibukan Anda.

Minum air putih
Meskipun terlihat sederhana, dalam realitanya banyak orang yang tidak mampu mencukupi kebutuhan air putih dalam sehari yang sebenarnya hanya 8 gelas saja. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, kita bisa membantu proses metabolisme tubuh berjalan dengan lancar sehingga mampu mencegah kenaikan berat badan. Jangan ganti air putih dengan minuman lain, apalagi minuman yang manis karena minuman ini justru bisa memberikan banyak dampak buruk bagi berat badan.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara untuk menjaga berat badan tetap ideal?