Begadang Sangat Tidak Sehat Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Banyak orang dewasa yang cenderung menikmati terus berjaga di malam hari. Dengan alasan melihat acara televisi atau film yang mengasyikkan atau sekadar bermain game, mereka bisa mengorbankan waktu tidur yang berkualitas dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika kita sering begadang di malam hari, kita akan beresiko mengalami penurunan daya tahan tubuh dengan signifikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Pakar kesehatan di Inggris melakukan penelitian yang melibatkan 440.000 partisipan orang dewasa yang cenderung tidur dalam waktu kurang dari 6 jam setiap malamnya. Uniknya, lebih dari 45 persen dari partisipan ini pada akhirnya juga menjadi perokok jika dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan waktu yang lebih baik, yakni sekitar 7 hingga 8 jam. Selain itu, mereka yang cenderung memiliki hobi begadang ini juga jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menatap gadget dan juga layar televisi sehingga bisa diasumsikan memiliki kecenderungan jarang melakukan aktifitas fisik.

Berbagai hal tersebut tentu membuat gaya hidup mereka yang hobi begadang menjadi sangat tidak sehat. padahal, jika hal ini terus dilakukan dalam waktu yang lama, mereka bisa berpotensi mengalami berbagai penyakit kronis. Hal ini dikarenakan kebiasaan begadang akan membuat sistem tubuh dalam membuang berbagai racun dan juga kadar kolesterol jahat bisa mengalami penurunan signifikan. Sebaliknya, kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh sehat justru akan menurun drastis. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka resiko mendapatkan penyakit jantung dan organ kardiovaskular pun meningkat drastis.

Selain meningkatkan resiko menurunkan kesehatan organ jantung, kurang tidur juga diyakini memiliki peran besar dalam meningkatkan masalah kesehatan lain layaknya diabetes tipe 2, kanker, hingga obesitas. Dengan adanya fakta-fakta ini, apakah anda yakin mau mengorbankan waktu tidur yang berkualitas dan menyehatkan bagi anda lagi?