Begadang Bisa Memicu Diabetes

DokterSehat.Com – Banyak anak muda yang kini begadang atau tidak tidur di malam hari karena melakukan berbagai macam kegiatan di malam hari. Selain karena alasan berkumpul bersama kawan-kawan atau bahkan hanya karena bermain game, banyak orang yang harus menyelesaikan pekerjaan di malam hari. Aktifitas begadang ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selain bisa membuat kita mengantuk, lemah, dan lesu sepanjang hari, pakar kesehatan juga menyebutkan jika kita sering begadang maka resiko terkena penyakit diabetes pun meningkat drastis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

Sebuah jurnal bernama Nutrifood Research Center merilis sebuah hasil penelitian yang menunjukkan korelasi antara waktu tidur dan juga diabetes. Saat kita tertidur, tubuh memang secara alami akan melakukan proses detoksifikasi dan juga membuat kadar hormon kortisol, sebuah hormon yang berkaitan dengan stress menurun dengan sangat signifikan. Jika kita memaksakan diri untuk begadang, maka proses penurunan hormon kortisol akan tidak bekerja dan pada akhirnya justru akan membuat jumlahnya meningkat drastis. Saat anda begadang atau kekurangan waktu tidur, anda tentu akan merasakan stress meningkat bukan? Yang menjadi masalah adalah, hormon kortisol ini bisa mengacaukan sistem tubuh layaknya sistem metabolisme gula dalam darah dan pada akhirnya bisa meningkatkan resiko terkena diabetes.

Saat kita begadang, tanpa kita sadari kita juga akan meningkatkan kemungkinan untuk memakan camilan. Bahkan, banyak orang yang mengaku jika mereka mengkonsumsi mie instan atau snack yang kaya akan kandungan garam atau gula untuk menahan rasa lapar. Padahal, di malam hari sistem pencernaan bekerja jauh lebih lambat dari biasanya dan insulin yang dikeluarkan untuk menyerap gula juga jauh lebih sedikit. Hal ini tentu akan membuat kadar gula dalam darah meningkat dengan drastis sehingga bisa memicu penyakit diabetes.

Baca Juga:  Minyak Zaitun Menurunkan Kadar Gula Darah

Untuk menghindari resiko terkena penyakit berbahaya ini, ada baiknya kini kita mulai menata waktu tidur dengan lebih baik dan tidak mudah tergoda untuk memainkan game atau hanya karena ingin menonton televisi hingga begadang. Dengan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, kita pun akan lebih baik mencegah diabetes.