Beda Serangan Jantung Pada Pria Dan Wanita

DokterSehat.Com – Banyak wanita tidak menyadari gejala penyakit jantung yang menghampiri. Selain merasakan hal yang berbeda dengan yang dirasakan pria, gejala serangan jantung pada wanita memiliki ciri yang berbeda dengan yang menyerang pria. Parahnya, gejala ini jarang disadari oleh wanita sebagai gejala serangan jantung.

11

Salah satu gejala yang berbeda adalah gejala mirip dengan flu. Bila rasa sakit di dada hampir dirasakan baik pria maupun wanita ketika mengalami serangan jantung, namun memiliki gejala seperti flu, hanya dialami wanita. Gejala yang muncul pun hampir sama seperti terkena penyakit flu seperti kelelahan, nafas pendek, pusing, dan kesulitan tidur. Gejala ini sering tidak disadari oleh perempuan karena mereka sering melakukan pengabaian.

Sebagian dari mereka mengira, gejala itu adalah gejala dari perubahan hormon dalam tubuh, ujar Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Jenifer Ashton yang juga senior kontributor di situs abc news health. Dalam tulisannya, Rabu 6 Februari 2013, Ashton menyebut para pasien wanita malah mengkonsultasikan gejala mirip flu ini ke dokter ginekologi dibandingkan kepada dokter jantung.

Bahkan banyak pasien saya yang mengira bahwa itu adalah gejala menopause dan tidak memberikan perhatian pada jantung mereka sama sekali, kata Ashton. Menurut Ashton, perbedaan gejala serangan jantung antara pria dan wanita disebabkan oleh perbedaan hormon dan perbedaan ukuran pembuluh yang menyuplai darah ke jantung.

Meskipun penelitian tentang gejala serangan jantung antara pria dan wanita masih berjalan, namun Asosiasi Jantung Amerika sudah memberikan peringatan sejal awal, agar para wanita mewaspadai gejala serangan jantung ini. Setiap perempuan diminta sadar akan keadaan dirinya, bila sudah merasakan nyeri di dada, mengalami gejala seperti flu, dan tidak bisa tidur, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.