Apa Sih Bedanya Mie dengan Pasta? Cek di Sini!

doktersehat-beda-mie-pasta
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Sama-sama merupakan sumber karbohidrat, tahukah Anda apa bedanya antara mie dan pasta? Kerap dianggap sama namun ternyata keduanya memiliki banyak perbedaan, lho. Apa sajakah itu?

Dari segi tampilan, olahan mie dan pasta terlihat sangat mirip, ya? Apalagi jika mie dibandingkan dengan olahan pasta yang berbentuk panjang, yaitu spageti.

Perbedaan antara mie dan pasta cukup banyak, mulai dari bahan baku, cara pembuatan hingga kandungan gizi. Inilah tiga perbedaan antara mie dan pasta:

1. Bahan baku pembuatan

Pasta terbuat dari tepung gandum jenis durum yang lebih kasar, sedangkan mie terbuat dari tepung gandum biasa yang cenderung lebih halus. Selain itu, perbedaan mendasar antara mie dan pasta adalah takaran air dan telurnya. Hal inilah yang kemudian memengaruhi cara menguleni dan kekalisan adonan.

Bahan baku yang berbeda tersebut yang menyebabkan pasta memiliki tekstur lebih kuat, warna lebih gelap dan waktu masak yang lebih lama. Sedangkan mie yang terbuat dari gandum halus, memiliki tekstur lebih lembut, warna lebih terang dan lebih cepat matang.

2. Cara penyajian

Jika dilihat dari segi tampilan, mie lazimnya berbentuk memanjang dan sedikit bergelombang.Pasta hadir dalam berbagai bentuk seperti silinder, spiral, atau bentuk mirip kupu-kupu.

Cara penyajian mie dan pasta sangat dipengaruhi oleh negara asalnya. Mie yang merupakan makanan khas Cina kerap disajikan dengan banyak bumbu dan rempah alami. Pasta yang berasal dari Eropa umum diolah dengan tambahan rasa gurih asin seperti keju atau bubuk rempah.

3. Kandungan gizi

Kandungan gizi mie dan pasta tentu sangat dipengaruhi oleh bahan bakunya. Umumnya pasta disebut lebih bergizi dibandingkan mie. Penyebabnya yaitu pembuatan mie umumnya menggunakan penambahan lemak dan garam. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kelembutan tekstur pada mie.

Selain itu, bahan baku gandum untuk membuat pasta memiliki kandungan gizi lebih tinggi jika dibandingkan dengan gandum biasa.

Nah, setelah mengetahui ketiga perbedaannya, Anda lebih suka memilih yang mana? Mie atau pasta?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik