Beda Lokasi Sakit Perut, Beda Pula Penyebabnya

DokterSehat.Com– Sakit perut adalah masalah kesehatan yang kerap muncul. Namun, jika kita cermati, rasa sakit perut terkadang berbeda-beda. Ada yang seperti ditusuk, ada yang melilit, hingga ada yang seperti terbakar. Tak hanya itu, lokasi sakit perut juga bisa muncul di tempat yang berbeda.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa perbedaan lokasi sakit perut ini bisa menunjukkan apa penyebabnya. Berikut adalah penjelasannya.

Bagian kiri atas perut
Di bagian tubuh ini, terdapat organ ginjal sehingga jika kita merasakan sakit perut di bagian kiri atas, bisa jadi ada masalah infeksi ginjal atau batu ginjal. Coba ingat-ingat kembali apakah kita mengalami sembelit atau gangguan saat buang air kecil. Jika iya, segera periksakan kondisi ginjal ke dokter.

Atas pusar
Jika perut yang terasa sakit berada di bagian atas pusar, bisa jadi penyebabnya adalah gangguan asam lambung atau peradangan pada usus. Untuk masalah kesehatan yang terakhir, rasa sakit biasanya akan berangsur-angsur semakin terasa dan disertai dengan mual-mual dan perut kembung. Selain itu, bisa jadi hal ini disebabkan oleh pankreatitis, peradangan pada pankreas.

Bagian kanan atas perut
Selain disebabkan oleh gangguan ginjal, sakit perut di bagian kanan atas bisa jadi disebabkan oleh diverticulitis, kondisi peradangan atau infeksi pada usus besar yang harus segera diperiksakan ke dokter.

flatulens perut kembung-doktersehat
Bagian kiri bawah perut
Sakit perut yang muncul di bagian kiri bawah seringkali disebabkan oleh masalah sembelit, nyeri menstruasi, atau gangguan pencernaan pada usus.

Bawah pusar
Jika rasa nyeri muncul di bawah pusar, bisa jadi hal ini disebabkan oleh infeksi saluran kencing atau peradangan pada usus. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui sebab pastinya.

Bagian kanan bawah perut
Seringkali hal ini disebabkan oleh radang usus buntu. Namun, jika setelah diperiksakan ke dokter ternyata bukan penyakit ini penyebabnya, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kelelahan.

Dada bawah bagian kiri
Sakit perut di bagian dada bawah bagian kiri bisa jadi adalah tanda gangguan pada pankeras atau batu empedu.

nyeri dada-doktersehat
Dada bawah bagian tengah
Nyeri perut di bagian tubuh ini adalah tanda dari masalah refluks asam lambung.

Dada bawah bagian kanan
Nyeri perut di bagian kanan bawah dada bisa jadi adalah karena ulkus duodenum yang disebabkan oleh berlebihannya asam lambung.

Sakit perut tidak boleh disepelekan begitu saja. Bisa jadi ini adalah tanda dari masalah kesehatan yang serius sehingga harus segera diperiksakan ke dokter.