Beberapa Tips Meredakan Gigi Sensitif

DokterSehat.Com – Gigi sensitif adalah sebuah masalah pada gigi yang bisa membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Bahkan, banyak orang yang mengaku mereka bisa kehilangan selera makan untuk beberapa jenis menu karena takut merasakan ngilu pada gigi saat mengkonsumsinya. Tentu hal ini akan mengurangi kualitas hidup kita bukan? Pakar kesehatan sendiri menekankan pentingnya perawatan khusus untuk membuat masalah gigi sensitif ini bisa mereda. Selain dengan pengobatan atau produk perawatan khusus gigi sensitif, kita juga bisa melakukan beberapa tips harian yang akan sangat baik dalam meredakan gigi sensitif seperti sebagai berikut.

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah tentang makanan atau minuman apa yang kita pilih. Beberapa orang mengaku jika gigi mereka terasa ngilu saat mengkonsumsi makanan manis atau minuman yang sangat dingin. Hanya saja, kita juga sebaiknya menghindari makanan-makanan yang cenderung asam. Makanan asam akan sedikit demi sedikit membuat email gigi terkikis sehingga membuatnya lebih sensitif. Beberapa jenis makanan layaknya jus buah asam, minuman asam, atau bahkan semacam asam sebaiknya kita hindari terlebih dahulu. Selain itu, kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan gigi layaknya merokok, menenggak alkohol, hingga mengkonsumsi minuman berkafein terlalu banyak juga sebaiknya mulai dikurangi.

Cobalah untuk melakukan pembersihan gigi dengan pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi sensitif. Memang, masalah gigi sensitif tidak akan langsung mereda, hanya saja, setidaknya kita bisa mengurangi sensitifitas ini sedikit demi sedikit. Saat menggosok gigi, cobalah untuk memakai sikat dengan bulu yang lembut dan gosoklah dengan cara perlahan. Ada baiknya untuk tidak menggosok gigi dengan cepat dan keras karena bisa membuat email gigi semakin terkikis. Bersihkan gigi setidaknya selama dua menit untuk pembersihan maksimal.

Baca Juga:  penyebab rematik dan cara mengobati

Jika perawatan ini masih belum bisa mengurangi masalah gigi sensitif dan bahkan gusi cenderung terlihat jauh tenggelam, maka ada baiknya kita mendatangi dokter gigi yang bisa memberikan perawatan medis yang tepat. Memang, perawatan gigi sensitif akan membutuhkan waktu. Namun, untuk bisa menikmati makanan dan minuman tanpa adanya rasa khawatir, tentu hal ini sebaiknya kita lakukan, bukan?