Beberapa Tanda Jantung Tidak Bekerja Dengan Normal

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika belakangan ini, penyakit jantung mulai menyerang mereka yang juga berusia muda. Padahal, selama ini penyakit jantung cenderung identik dengan masalah kesehatan pada mereka yang sudah berusia lanjut. Meningkatnya jumlah penderita penyakit jantung di usia muda ditengarai karena semakin buruknya gaya hidup masyarakat secara umum belakangan ini. Tak hanya pola makan yang semakin tidak sehat, malasnya tubuh untuk bergerak dan kurangnya mengenal tanda-tanda jantung yang bekerja tidak normal diyakini menjadi penyebabnya. Sebenarnya, apa sajakah tanda-tanda jantung yang bekerja dengan tidak normal?

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Nyeri Dada
Tanda pertama yang kerap kita abaikan pada jantung kita adalah munculnya rasa nyeri di dada. Seringkali kita menyalahartikan rasa nyeri pada dada ini sebagai gejala heartburn atau GERD, sebuah kondisi dimana asam lambung naik kembali ke kerongkongan kita. Andai rasa nyeri ini bisa menjalar ke bagian lengan atau bahu, atau bahkan ada sensasi berat atau tertekan pada area dada, bisa jadi ada yang bermasalah dengan jantung kita dan harus diperiksakan.

Sesak Nafas
Sesak nafas kerap kali dianggap sebagai masalah kesehatan yang berdiri sendiri. Dikarenakan ada obat untuk mengatasinya dan sangat mudah didapatkan, sebagian besar orang berpikir bahwa cukup membeli obat tersebut, maka masalah sesak nafas akan mereda. Padahal, jika sesak nafas diiiringi dengan jantung yang berdebar, berkeringat, rasa letih luar biasa, hingga pusing dan mual-mual, ada kemungkinan jantung kita sedang tidak normal.

Kelelahan Berlebihan
Aktivitas pekerjaan yang sangat berat memang bisa membuat kita merasa lelah dan terkadang bisa sampai membuat kita susah tidur. Hanya saja, jika kita merasakan rasa lelah luar biasa ini hampir setiap saat, dan bahkan berlanjut menjadi masalah insomnia, bisa jadi ini adalah tanda bahwa aliran darah tidak cukup lancar dan organ jantung bermasalah. Segera periksakan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.