Beberapa Penyebab Tubuh Berkeringat Deras Saat Tidur

DokterSehat.Com – Pernahkah anda bangun dari tidur dan mendapati selimut, bantal, dan sprei anda basah kuyup? Banyak orang yang menduga bahwa basahnya tempat tidur ini dikarenakan kita berkeringat sangat banyak saat tidur. Keringat biasanya muncul karena suhu udara yang cenderung panas dan mengingat kita tinggal di negara tropis, suhu panas di malam hari tentu adalah hal yang normal. Jika kita memakai pakaian tidur yang sedikit tebal atau memakai selimut, maka tubuh pun akan berkeringat hingga membuat tempat tidur basah kuyup. Namun, keringat saat tidur ternyata juga bisa disebabkan karena hal lain. Apa sajakah penyebab tersebut?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Selain suhu yang panas, jika kita bermimpi buruk atau melakukan aktifitas yang tinggi di alam mimpi, maka tubuh pun cenderung akan mudah berkeringat. Rasa cemas saat mimpi buruk ternyata bis amemicu tubuh berkeringat dalam jumlah yang banyak. Beberapa pasien trauma bisa mengalami kondisi ini dan setiap kali terbangun, tempat tidurnya telah basah kuyup oleh keringat. Selain itu, tidur yang disertai dengan rasa gelisah, khususnya bagi anak-anak, juga bisa menjadi penyebab banyaknya keringat yang keluar saat tidur. Anak-anak yang mengalami tidur gelisah tentu akan kurang mendapatkan tidur yang maksimal karena bisa tiba-tiba terbangun di tengah malam. Segera periksakan kondisi ini ke dokter terdekat jika kondisinya masih berlanjut.

Banyak orang yang mengaku mengalami gangguan tidur dan memproduksi banyak keringat yang keluar dari tubuh. Gangguan tidur layakya sleep apnea bisa memicu sesak nafas sehingga tubuh pun akan bekerja keras melakukan pernafasan normal dan membuat kondisi tubuh sangat aktif layaknya saat berolahraga. Selain itu, wanita yang mengalami menopause juga bisa meningkatkan produksi keringat saat tidur. Perubahan hormon pada wanita menopause juga bisa menambah resiko terkena  sleep apnea sehingga tubuh pun akan berkeringat dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga:  Bahaya Kehamilan di Luar Kandungan

Selain karena gejala dari gangguan kesehatan, gaya hidup yang tidak sehat layaknya mereka yang hobi menenggak alkohol ternyata juga bisa memicu penambahan produksi keringat saat tidur. Alkohol ternyata memiliki kandungan yang bisa membuat saluran nafas menjadi bermasalah. Selain dengkuran yang kuat, penenggak alkohol juga beresiko mendapatkan sleep apnea yang tentu saja akan memicu masalah keringat saat tidur. Hal ini berarti kita harus menghindari konsumsi alkohol jika tidak ingin mendapatkan gangguan tidur ini, bukan?