Beberapa Penyebab Sakit Tenggorokan Yang Harus Kita Waspadai

DokterSehat.Com – Belakangan ini cuaca di tanah air sangat tidak menentu kondisinya. Kadangkala cuaca bisa terasa sangat panas dan kering namun bisa saja tiba-tiba berubah menjadi hujan lebat dan berangin. Hal ini ternyata bisa berimbas buruk pada kesehatan tubuh kita, khususnya untuk organ tenggorokan. Bagaimana tidak, tenggorokan kita bisa mengalami rasa sakit, khususnya jika kita terkena virus flu atau terkena masalah pilek. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari masalah tenggorokan yang bisa menyebabkan leher kita terasa sangat sakit ini?

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal pertama yang bisa menyebabkan masalah sakit tenggorokan yang sangat parah adalah adanya infeksi virus, khususnya virus flu. Sebagaimana telah banyak diketahui, virus flu akan membuat infeksi pada bagian tenggorokan dan juga hidung. Namun, ada pula infeksi virus lainnya yang bisa memicu masalah kesehatan berbahaya layaknya radang tenggorokan, mononukleoisis, hingga herpangina. Selain itu, dikhawatirkan kotak suara juga bisa mengalami kotak suara jika tenggorokan kita mengalami peradangan yang cukup parah.

Selain virus, rasa sakit pada tenggorokan juga bisa terjadi jika kita mengalami infeksi bakteri. Infeksi bakteri sendiri bisa menyerang beberapa bagian yang ada atau dekat dengan tenggorokan layaknya kelenjar gondok, amandel, uvula, dan berbagai bagian lainnya. Selain itu, beberapa penyakit seksual yang menular layaknya gonore atau klamidia ternyata juga bisa menyebabkan masalah tenggorokan sakit.

Meskipun terlihat konyol, namun iritasi yang diakibatkan oleh debu dan polusi ternyata juga bisa membuat masalah sakit tenggorokan yang cukup parah. Selain itu, masalah dari saluran pencernaan layaknya gastroesophageal reflux atau kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan juga bisa memberikan masalah sakit tenggorokan yang parah dengan sensasi terbakar pada area dada. Sakit tenggorokan juga bisa didapatkan akibat gaya hidup yang buruk, khususnya bagi mereka yang rutin menghisap rokok setiap harinya.