Beberapa Penyebab Rasa Sakit Pada Payudara

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang paling pribadi bagi wanita adalah payudara. Bagaimana tidak, payudara ikut menjadi salah satu daya tarik wanita dan juga sumber kepercayaan diri yang cukup kuat. Karena alasan inilah wanita tentu akan memperhatikan kesehatan payudaranya dengan seksama. Sayangnya, payudara kadangkala bisa mengalami rasa sakit yang tentu akan mengkhawatirkan bagi kaum hawa. Sebenarnya, ada beberapa penyebab rasa sakit bisa muncul pada payudara. Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-serangan-jantung-tes-darah-bahaya

Hal pertama dan yang paling umum terjadi pada payudara jika terasa sakit adalah wanita mengalami masa menjelang menstruasi yang bisa berlangsung setidaknya sekali dalam satu bulan. Pada fase ini, wanita akan mengalami perubahan hormon sehingga bisa memicu rasa sakit pada payudara. Selain itu, diperkirakan rasa sakit pada payudara ini juga berkaitan dengan adanya perubahan sirkulasi darah pada saat siklus menstruasi muncul.

Penyebab berikutnya dari rasa sakit yang muncul pada payduara adalah jika wanita memakai bra dengan ukuran yang tidak tepat. Dalam beberapa kasus, bra yang kekecilan ternyata bisa membuat payudara tertekan hebat dalam waktu yang lama sehingga menimbulkan rasa sakit. Cek kembali apakah anda telah memakai ukuran bra yang tepat?

Jika kita melakukan aktifitas dengan tenaga yang sangat besar layaknya olahraga dengan intensitas tinggi, maka payudara juga bisa merasa sakit. Untuk meminimalisir hal ini, wanita bisa memakai semacam bra khusus olahraga yang bisa membuat payudara tertopang dan tertahan dengan lebih baik sehingga tidak akan mudah terkena guncangan atau benturan yang bisa menimbulkan rasa sakit.

Penyebab rasa sakit pada payudara berikutnya terlihat sepele, yakni konsumsi minuman dengan kandungan kafein yang berlebihan ternyata bisa memicu rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara. Selain itu, jika kita kepanasan dan mengeluarkan keringat berlebihan, ternyata juga bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara.

Baca Juga:  Menjadi “Ninja” Saat Mengendari Sepeda Motor Apakah Sudah Cukup Untuk Kesehatan Tubuh?

Rasa sakit pada payudara di atas seringkali hanya terjadi sementara dan tidak berlangsung terus menerus. Jika rasa sakit pada payudara terjadi dalam waktu yang lama dan sering berulang, barulah wanita mulai waspada dan memeriksakan kondisi ini ke dokter agar diketahui apakah kesehatan tubuh masih dalam kondisi baik atau tidak.