Beberapa Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Kita Cermati

DokterSehat.Com – Rambut yang rontok tentu menjadi sebuah masalah yang sangat tidak diinginkan oleh setiap orang. Jika kerontokan berlangsung dengan sangat banyak, kita tentu akan ketakutan mengalami masalah berupa kebotakan dini mengingat rambut pun akan semakin berkurang karena kerontokan yang masif. Banyak sekali penyebab rambut rontok yang kadang kala tidak kita sadari sebelumnya layaknya sebagai berikut.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Penyebab rambut rontok akan sangat bervariasi dari adanya stress pada pikiran maupun pada rambut itu sendiri hingga rambut yang kekurangan nutrisi. Hanya saja, pakar kesehatan dan kecantikan berkata jika rambut yang mengalami kekurangan vitamin ternyata menjadi penyebab utama masalah kerontokan pada masyarakat. Untuk mencegah rambut rontok, kita tentu harus memastikan bahwa setiap harinya kita memenuhi asupan vitamin B12 dan zat besi yang berpengaruh besar pada kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

Beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan setiap hari ternyata juga bisa membuat masalah kerontokan pada rambut. Sebagai contoh, kebiasaan kita mengikat rambut dengan kencang karena merasa gerah ternyata bisa beresiko membuat stress pada folikel rambut. Jika hal ini dilakukan setiap hari dalam waktu yang lama, stress pada folikel akan membuat kerontokan rambut berlangsung dengan sangat banyak. Selain itu, penggunaan hair dryer setelah kita keramas atau kebiasaan memakai pengeriting rambut atau catok rambut juga bisa memicu kerontokan mengingat rambut akan lebih mudah rusak. Kebiasaan memakai handuk katun untuk menggosok-gosok rambut agar cepat kering setelah keramas ternyata juga bisa menyebabkan rambut mudah rusak. Alih-alih menggosok-gosok rambut, ada baiknya kita membungkus rambut dengan handuk agar lebih mudah cepat kering.

Mereka yang mengalami stress berat juga akan cenderung lebih mudah mengalami kerontokan pada rambut. Stress bisa memicu sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga memicu masalah kerontokan pada rambut. Stress juga bisa menyebabkan rambut mengalami fase istirahat sehingga menjadi jauh lebih mudah rontok. Karena alasan inilah, kita tentu harus pandai-pandai mengelola stress kita sehingga tidak akan mudah mengalami kerontokan rambut.