Beberapa Penyebab Puting Payudara Terasa Gatal

DokterSehat.Com– Cukup banyak wanita yang mengaku merasa tidak nyaman dengan kondisi putingnya yang gatal. Berbeda dengan kaum pria yang bisa dengan percaya diri menggaruk organ vitalnya saat terasa gatal dimana saja dan kapan saja, kaum hawa tentu akan merasa risih untuk menggaruk putingnya. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari rasa gatal pada puting payudara wanita?

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Eksim
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal pertama yang bisa menyebabkan puting payudara gatal adalah penyakit eksim. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan kulit yang terlihat kering, bersisik, kemerahan, dan terasa sangat gatal. Dalam kasus yang ekstrim, eksim bisa menyebabkan luka dan jika dibiarkan, hal ini bisa saja memicu infeksi. Untuk mengatasi masalah eksim ini, ada baiknya kaum hawa tidak sembarangan memilih sabun mandi dan menggunakan sabun yang memiliki pelembab.

Saat hamil dan menyusui
Wanita yang sedang hamil atau menyusui buah hatinya ternyata lebih rentan terkena masalah eksim atau gatal-gatal pada kulit lainnya. Karena alasan inilah, ada baiknya kaum hawa yang sedang hamil atau menyusui lebih baik dalam menjaga kebersihan dan kelembaban kulitnya.

Mengalami kontak dermatitis
Pakar kesehatan menyebut kontak dermatitis sebagai kondisi terjadinya peradangan pada kulit yang bisa memicu gatal-gatal karena adanya kontak dengan bahan tertentu. Sebagai contoh, jika kita tidak membilas cucian dengan baik, maka masih ada bahan kimia deterjen yang menempel pada pakaian dan bisa menyebabkan gatal-gatal pada puting payudara.

Mengalami Jogger’s Nipple
Jogger’s nipple adalah kondisi yang kerap menimpa mereka yang suka berlari atau berolahraga. Kondisi ini terjadi karena puting payudara mengalami gesekan pada baju olahraga sehingga menyebabkan gatal-gatal atau lecet. Untuk menghindari hal ini, kaum hawa bisa menggunakan petroleum jelly atau krim khusus pada putingnya.

Kanker
Dalam beberapa kasus, gatal-gatal pada puting payudara ternyata bisa menjadi tanda akan adanya kanker, khususnya jika gejala ini tidak kunjung menghilang dalam waktu yang lama.