Beberapa Penyebab Penuaan Sendi

DokterSehat.Com – Penuaan sendi atau yang disebut pakar kesehatan sebagai masalah osteoarthritis adalah sebuah kondisi dimana sendi-sendi yang ada di dalam tubuh akan mengalami kecenderungan semakin sulit untuk menahan beban dan mudah merasa nyeri. Penyakit ini seringkali dikaitkan dengan penyakit yang muncul pada usia lanjut. Hanya saja, penyebab dari penyakit ini justru seringkali disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan penderitanya di masa muda, salah satunya adalah karena masalah obesitas.

doktersehat-cedera-olahraga

Pakar kesehatan DR Karina Besonga SpOT (K) menyebutkan jika mereka yang mengalami obesitas di usia muda ternyata berpotensi besar dalam menyebabkan osteoarthritis mengingat semenjak usia muda, persendian ini sudah harus menanggung beban yang sangat berat. Selain itu, jika di masa muda penderitanya akan cenderung lebih sering merokok atau bahkan menenggak alkohol, maka persendian akan menjadi lebih mudah mengalami kerusakan di masa tuanya.

Selain di masa lanjut usia, kini juga banyak orang yang mengalami osteoarthritis pada usia dewasa, yakni sekitar 40 tahunan. Hanya saja, osteoarthritis ini lebih sering dialami kaum pria yang memiliki riwayat cedera sebelumnya. Bagi kaum hawa sendiri, osteoarthritis bisa menyerang mereka di saat fase menopause akan segera tiba. Hal ini disebabkan oleh semakin menurunnya kadar hormon estrogen menjelang fase menopause yang membuat sendi pun akan lebih mudah terasa nyeri yang sayangnya kerap dianggap oleh masyarakat sebagai masalah asam urat yang biasa.

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah penuaan sendi ini bisa diatasi dengan cara memeriksakan kondisi sendi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Jika osteoarthritis masih dalam level yang ringan, obat-obatan ini bisa disertai dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan juga melakukan beberapa latihan olahraga secara rutin. Hanya saja, jka masalah osteoarthritis ternyata sudah cukup parah, mau tidak mau penderitanya harus melakukan suntikan pelumasan pada sendinya atau bahkan operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi.