Beberapa Penyebab Obesitas Pada Anak

DokterSehat.Com – Penyebab obesitas pada anak adalah pada seseorang makanannya tida teratur, biasanya terjadi karena gaya hidup yang tidak tetap, kondisi lingkungan yang memaksa, atau faktor lain seperti stres.

8

Untuk menyederhanakan penyebab obesitas pada anak, memang bukan hal yang sederhana. Lingkungan pun memiliki peran yang cukup signifikan dalam membuat seorang anak mengalami obesitas. Misalnya lingkungan yang tingkat keamanannya masih kurang terjamin, yang membuat anak anak enggan untuk berjalan kaki dan melakukan aktifitas fisik yang dapat menyeimbangkan asupan nutrisi yang dimasukkan ke dalam tubuhnya.

Berikut adalah penyebab obesitas pada anak lainnya :

  • Mainan anak yang modern
    Begitu pulang sekolah, anak masa kini tidak lagi tertarik untuk bermain bersama teman temannya diluar rumah, misal main kucing kucingan, atau permainan tradisional lain yang bisa membuat tubuhnya aktif bergerak. Munculnya berbagai jenis mainan modern membuat anak lebih tertarik kepadanya, misal video game, komputer, tv, dan lain lain, jenis mainan tersebut memang praktis dan modern, asalkan harus disertai dengan kegiatan fisik yang mendukung kesehatannya.
  • Konsumsi makanan yang kurang sehat
    Anak anak zaman sekarang lebih menyukai makanan siap saji yang bisa didapatkan dengan mudah. Kemudahan tersebut memang baik untuk meminimalisir penggunaan waktu, namun dalam segi kesehatan belum begitu terjamin. Anak anak sebaiknya disajikan makanan sehat seperti buah, nasi, dan sayuran, serta jenis makanan lain yang kandungan nutrisinya dibutuhkan oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  • Faktor keturunan
    Selain penyebab obesitas pada anak diatas, penyebab lainnya adalah karena adanya faktor keturunan. Jika secara genetik anak memiliki kemungkinan untuk mengalami obesitas, maka untuk menghindarinya perlu upaya lebih keras yang dilakukan orang tua terhadap anaknya agar bisa terhindar dari kemungkinan obesitas tersebut.
Baca Juga:  Bahaya Alat Makan Melamin

Itulah beberapa penyebab obesitas pada anak. Sebaiknya segera antisipasi karena jika dibiarkan anak akan mengalami berbagai penyakit yang lebih berbahaya, seperti gangguang tidur, kolesterol tinggi, depresi, masalah ortopedi dan diabetes.