Beberapa Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda

DokterSehat.Com – Salah satu ciri dari para orang tua yang mudah kita kenali adalah mereka cenderung akan jauh lebih mudah lupa jika dibandingkan dengan mereka yang masih sangat muda. Kadangkala, hal-hal sederhana layaknya kunci atau bahkan alamat rumah saat berjalan-jalan bisa dilupakan oleh orang tua. Sayangnya, di masa sekarang, masalah mudah lupa ternyata juga beresiko mengenai orang yang berusa muda. Gaya hidup masyarakat modern yang cenderung jauh lebih tidak sehat ditengarai menjadi penyebab utama menurunnya daya ingat di masa muda secara signifikan.

doktersehat-migrain-wanita-sakit-kepala-kekurangan-vitamin-aneurisma

Manusia modern cenderung jauh lebih malas karena banyaknya kemajuan jaman yang membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah dilakukan. Sayangnya, kondisi ini membuat tubuh menjadi lebih sedikit bergerak dan ikut mempengaruhi memori pada otak. Selain itu, banyak orang yang cenderung lebih rentan terkena penyakit sehingga membutuhkan lebih banyak obat-obatan untuk dikonsumsi. Banyaknya konsumsi obat-obatan ternyata bisa mempengaruhi memori di dalam otak. Otak akan menyimpan memori lebih lambat dari sebelumnya dan bahkan obat bisa membuat informasi tidak tersimpan dalam memori dengan baik.

Banyak masyarakat modern yang melakukan program diet dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Sayangnya, fokus utama pada berat badan justru membuat banyak orang melupakan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan, termasuk bagi kesehatan otak. Diet rendah karbohidrat ternyata bisa mempengaruhi penyimpanan memori menjadi jauh lebih lemah. Pakar kesehatan menyebutkan jika seseorang mengurangi asupan karbohidrat secara signfiikan, maka otak pun akan mendapatkan glukosa dalam jumlah yang lebih sedikit. Kurangnya glukosa ini menyebabkan minimnya energi yang sangat dibutuhkan otak untuk mempertahankan memori dengan baik.

Tahukah anda, penyakit jantung yang banyak diidap masyarakat modern juga bisa memberikan pengaruh besar pada penurunan daya ingat di usia muda. Pakar kesehatan dari University of Western Australia mengungkapkan bahwa penderita gagal jantung biasanya mengalami masalah fungsi memori dengan signifikan meskipun penemuan ini harus diteliti lebih lanjut mengingat belum benar-benar diketahui mengapa sel-sel selebral otak dan menurunnya fungsi kognitif otak bisa disebabkan karena masalah pada organ jantung.