Beberapa Penyebab Kesemutan Yang Perlu Diwaspadai

DokterSehat.Com – Sebenarnya, kesemutan adalah hal yang sangat wajar jika menimpa seseorang. Kesemutan seringkali disebabkan oleh tangan atau kaki kita yang tertindih atau menekuk sehingga peredaran darah tidak lancar. Hanya saja, banyak orang yang mengeluhkan kesemutan yang terjadi cukup sering tanpa ada sebab yang jelas. Kesemutan jenis ini haruslah diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah beberapa penyebab kesemutan yang perlu diwaspadai.

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Kesemutan yang sering terjadi, khususnya pada bagian tubuh layaknya kaki, leher, punggung, atau lengan haruslah diwaspadai karena bisa jadi adna mengalami masalah saraf terjepit pada area leher atau punggung. Sebagaimana kita ketahui, leher dan juga tulang belakang memiliki banyak sekali jaringan saraf yang sangat penting bagi tubuh. Selain karena salah posisi saat duduk atau tertidur, saraf yang terjepit juga bisa disebabkan karena penyakit yang tentu harus diperiksakan ke dokter.

Kesemutan yang sering muncul juga bisa menjadi tanda adanya diabetes. Penyakit berbahaya ini memang dipicu oleh meningkatnya kadar gula di dalam darah. Namun, salah satu gejala dari penyakit ini adalah kesemutan yang sering terjadi pada tangan, kaki, dan beberapa bagian tubuh lain. Karena alasan inilah sebaiknya kita memeriksakan kadar gula darah atau ke dokter karena andai memang benar kesemutan terjadi karena diabetes, maka anda pun bisa mengobatinya dengan lebih baik.

Kesemutan ternyata juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan vitamin B 12. Selain kesemutan yang sering terjadi, kekurangan asupan vitamin B 12 juga bisa membuat seseorang lebih mudah terasa lemah, lesu, dan menurunnya daya tahan tubuh. Selain itu, jika anda adalah pekerja kantoran atau mahasiswa yang cenderung banyak menggunakan komputer untuk mengetik, maka anda juga beresiko mengalami kesemutan. Untuk mencegahnya, kita harus mengetik dengan postur tubuh yang baik dan sering melakukan peregangan yang bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.