Beberapa Penyebab Jerawat Yang Jarang Diketahui

DokterSehat.Com – Jerawat adalah masalah kulit yang sangat dibenci banyak orang. Banyak remaja maupun orang dewasa yang mengalami masalah jerawat sehingga akan mengurangi rasa percaya diri mereka. Disamping membuat kepercayaan diri menurun, jerawat juga bisa membuat rasa tidak nyaman pada kulit wajah karena kadang kala akan terasa sakit saat disentuh atau sekadar saat diusap dengan handuk. Kebanyakan orang berpikir jika jerawat muncul karena kebiasaan kita yang kurang bersih membersihkan kulit wajah. Apakah ini benar adanya?

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Pakar kesehatan ternyata berkata jika ada banyak sekali penyebab jerawat yang bisa menyerang kulit wajah kita. Selain perawatan kulit wajah kita yang kurang maksimal, kondisi pikiran yang sedang stress ternyata bisa membuat wajah kita berjerawat. Bagaimana bisa? Stress ternyata akan memicu munculnya jerawat baik itu di wajah, leher, punggung, atau bahkan di kulit kepala! Selain karena stress, hormon yang menimbulkan masalah jerawat juga bisa muncul jika wanita mengalami fase menstruasi. Karena alasan inilah, jangan heran jika beberapa wanita akan mengalami masalah jerawat selama fase menstruasi tiba.

Secara umum, jerawat akan muncul pada usia remaja. Namun, pakar kesehatan justru berkata jika usia 15 tahun hingga 30 tahun adalah masa paling rentan bagi manusia untuk terkena jerawat, jerawat sendiri kerap kali muncul karena tersumbatnya pori-pori kulit baik itu karena kurangnya kebersihan badan atau karena aktifitas harian yang mudah membuat pori-pori kulit tersumbat. Selain itu, masalah jerawat juga bisa menjadi semakin parah jika di dalam tubuh terlalu banyak darah kotor yang disebabkan oleh penyakit atau permasalah pada siklus menstruasi yang tidak teratur.

Jerawat juga bisa mudah muncul karena kebiasaan buruk dalam hal pola makan. Mereka yang jarang mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan bahkan air putih akan cenderung lebih mudah terkena jerawat. Buah-buahan, sayuran, dan air putih adalah nutrisi yang sangat penting untuk menyehatkan kulit yang mampu mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, jika kita memakai kosmetik dengan berlebihan atau memakai kosmetik yang kurang aman, maka kulit wajah kita pun akan cenderung lebih mudah berjerawat sehingga kulit wajah pun justru menjadi rusak alih-alih menjadi lebih cantik.