Beberapa Penyebab Gatal-Gatal Pada Pantat

DokterSehat.Com – Saat berjalan, kadang kala kita mengalami rasa gatal pada pantat yang membuat kita dilema. Di satu sisi, kita tentu akan merasa malu untuk menggaruk pantat karena akan terasa kurang sopan dan dilihat beberapa orang di belakang. Sayangnya, rasa gatal pada pantat tentu akan sangat ingin untuk digaruk, bukan? Yang menjadi masalah adalah, kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di pantat kita sehingga terasa sangat gatal. Padahal, bisa jadi pantat yang gatal ini mengalami iritasi atau bahkan masalah kulit kemerahan yang harus ditangani. Berikut adalah beberapa penyebab rasa gatal pada pantat.

doktersehat-pantat-kentut

Macam-macam Penyebab Gatal
Masalah jamur adalah masalah yang paling umum menyebabkan gatal-gatal pada kulit di sekujur tubuh, termasuk pada area pantat. Area pantat sendiri cenderung lebih lembab jika dibandingkan dengan area kaki atau tangan. Hal ini dikarenakan area ini hampir selalu tertutup celana baik itu celana panjang maupun pendek. Lipatan pantat sering kali mengalami masalah jamur yang membuat kulit kemerahan dan gatal-gatal. Selain jamur, pantat juga bisa mengalami masalah folikulitis dimana akar rambut yang ada di area pantat mengalami peradangan karena banyaknya infeksi dan sel kulit mati yang bertumpukan disana. Selain pantat, area paha belakang juga akan terasa gatal-gatal dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan jerawat.

Kadang kala gatal-gatal juga disertai masalah kulit bersisik dan juga bintil-bintil kemerahan. Hal ini dikarenakan pantat mengalami masalah ekzema dimana kondisi pantat yang panas dan penuh keringat akan menyebabkan gatal dan merah-merah pada kulit. Selain itu, meskipun jarang, Pantat juga bisa mengalami herpes yang tentu saja akan sangat menyiksa karena gatal-gatal bisa disertai dengan rasa perih.

Baca Juga:  Mengapa Kita Sering Kentut?

Cara Mencegah Gatal
Umumnya, masalah gatal-gatal ini disebabkan oleh kondisi panas dan lembab pada pantat. Pemakaian celana yang cenderung ketat dan tebal sebagaimana trend masa kini bisa menjadi penyebab kondisi ini. Saat di rumah, jangan ragu untuk segera melepas celana panjang dan menggantinya dengan celana yang jauh lebih longgar dan nyaman dipakai sehingga area pantat pun cenderung lebih bisa bernafas sehingga jamur, bakteri, dan berbagai masalah lain bisa dihindari.