Beberapa Penyebab Gangguan Perut Kembung

DokterSehat.Com – Perut kembung adalah salah satu penyakit yang kerap menghinggapi semua kalangan masyarakat. Kebanyakan orang menganggap perut kembung sebagai masalah yang tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun sangat tidak nyaman, masih banyak orang yang membiarkan perut kembung ini hingga sembuh sendiri. Gangguan pada saluran pencernaan ini biasanya disertai dengan rasa nyeri dan juga kaku pada perut. Ukuran perut bahkan terkadang ikut membesar seiring dengan semakin tidak nyamannya kondisi perut kembung.

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

Salah satu mitos mengapa perut bisa menjadi kembung adalah kita terlalu banyak “memakan” udara. Sebenarnya, perut kembung disebabkan oleh banyak sekali sebab, salah satunya adalah jika kita sering memakan makanan yang memakai pemanis buatan. Pemanis buatan inilah yang membuat lambung kesulitan mencernanya sehingga memicu kondisi perut kembung. Perilaku makan yang buruk layaknya makan dengan terlalu cepat juga memicu banyakanya gas yang diproduksi di lambung sehingga perut pun menjadi kembung.

Beberapa jenis makanan layaknya susu, makanan lemak dan kacang-kacangan, atau bahkan minuman bersoda yang kaya akan gas pun bisa menjadi penyebab utama perut kembung. Disamping itu, jika usus mengalami iritasi, maka perut kembung yang disertai dengan rasa mual pun bisa terjadi pada tubuh anda. Biasanya, masalah iritasi pada usus ini terjadi pada mereka yang tidak menjaga pola makan dengan baik dan teratur.

Selain penyebab di atas, kondisi intoleransi laktosa atau kondisi dimana lambung sangat sensitif dengan gula, seperti pada susu contohnya, serta kondisi mal-absorbsi fruktosa, semacam gula pada jus dan gula putih, juga bisa menjadi pemicu utama perut kembung. Namun, masyarakat modern yang akrab dengan kondisi stress ternyata menjadi sebab utama mengapa perut kembung bisa terjadi. Hormon stress bisa memicu banyaknya gas pada lambung sehingga perut pun menjadi kembung dan tidak nyaman. Hal ini berarti, kita harus pandai-pandai melakukan manajemen stres dan juga mengatur pola makan dengan benar sehingga kita tidak mudah terkena masalah perut kembung.