Beberapa Penyebab Buang Air Besar Disertai Dengan Darah

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang cukup membuat risau banyak orang adalah jika saat buang air besar, mereka melihat kotorannya disertai dengan darah. Pakar kesehatan di bidang gastroenterologis dari New York bernama Niket Sonpal, M.D, menyebutkan bahwa buang air besar yang disertai dengan darah menunjukkan seperti apa kondisi kesehatan usus di dalam tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab dari buang air besar dengan berdarah yang patut kita waspadai.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

Wasir
Penyebab paling umum dari masalah buang air besar yang disertai dengan darah adalah penyakit wasir atau ambeien. Darah yang keluar bersama dengan kotoran biasanya akan memiliki warna merah marun atau merah terang. Jika setelah diperiksakan ke dokter penyebab dari masalah buang air besar ini memang wasir, maka ada baiknya kita segera mengubah pola makan, khususnya dalam hal memperbanyak asupan makanan berserat agar masalah kesehatan ini bisa mereda.

Maag
Jangan salah, maag tidak hanya akan membuat perut kita tidak nyaman atau mengalami masalah kenaikan asam lambung hingga tenggorokan. Jika maag ini cukup parah, maka buang air besar bisa disertai dengan darah yang memiliki warna merah gelap atau kehitaman. Darah dengan warna yang gelap ini memang menandakan bahwa asalnya berasal dari saluran pencernaan bagian atas. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya kita mendapatkan obat dari dokter, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol, dan menghindari stress.

Beberapa penyebab lainnya
Penyebab lain dari keluarnya darah bersama dengan kotoran saat buang air besar adalah adanya celah anal, kondisi yang dipicu oleh sembelit sebelum proses persalinan pada ibu hamil. Selain itu, bisa jadi penyebab dari masalah ini adalah adanya kanker kolorektal. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker pada bagian perut, ada baiknya anda segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan colonoscopy regular untuk mengetahui masalah kesehatan apa yang sebenarnya terjadi.