Beberapa Penyebab Amandel

DokterSehat.Com – Amandel adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang anak-anak dan membuat anak-anak sangat menderita karena demi menelan makanan atau minuman saja mereka bisa merasakan sakit pada tenggorokan. Amandel sendiri bisa ditemukan di pangkal rongga mulut dimana dua buah kelenjar getah bening di area tersebut mengalami pembengkakan dan menutupi sebagian atau keseluruhan rongga. Disamping memberikan rasa sakit saat menelan makanan dan minuman, amandel juga bisa menyebabkan hilangnya suara. Apa sajakah penyebab dari masalah amandel?

doktersehat-kanker-tenggorokan

Makanan yang kurang bersih sering dianggap sebagai penyebab utama mengapa tubuh bisa mengalami amandel. Makanan yang tidak bersih bisa membawa kuman, bakteri, atau virus yang menyerang area amandel sehingga membuatnya meradang dan terinfeksi. Jenis virus yang menyerang amandel adalah virus epstein-barr dan juga virus streptococcus pygones yang bisa memicu peradangan akut pada amandel. Selain makanan yang kurang bersih, makanan yang cenderung terlalu pedas juga bisa membuat peradangan pada amandel, tenggorokan, dan juga lambung. Biasanya, tenggorokan akan cenderung terasa perih dan bisa memicu kehilangan suara.

Beberapa jenis makanan layaknya makanan berlemak dan mengandung MSG juga bisa mempengaruhi peradangan pada amandel. Beberapa jenis makanan layaknya mi instan, snack kemasan, atau bahkan beberapa jajanan yang mengandung MSG bisa memicu amandel jika dikonsumsi terlalu banyak. Disamping itu, makanan yang cenderung keras yang memaksa kita menelannya dengan rasa sakit juga bisa memicu masalah amandel.

Disamping asupan makanan, amandel juga bisa menyerang mereka yang kurang minum. Dengan air minum yang cukup, tubuh memiliki kekebalan yang cukup dan bisa membuat tenggorokan tidak kesulitan menelan makanan sehingga resiko iritasi pun semakin berkurang. Kondisi kekurangan vitamin C yang bisa memicu masalah imunitas tubuh juga bisa menjadi penyebab masalah amandel, apalagi jika ditambah dengan semakin berkurangnya waktu istirahat yang berkualitas. Pola makan yang sehat, asupan makanan yang bergizi, ditambah dengan waktu istirahat yang cukup diyakini bisa menjadi jawaban agar masalah amandel tidak menyerang anda dengan mudah.