Beberapa Penyakit Yang Menyebabkan Anak Mengalami Demam Tinggi

DokterSehat.Com – Demam adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang anak-anak. Suhu tubuh anak akan meningkat seiring dengan semakin lemasnya anak tentu akan membuat anak menjadi khawatir. Memang, banyak obat-obatan yang bisa kita pakai untuk membuat demam pada anak bisa segera turun. Sayangnya, demam tinggi pada anak bisa jadi adalah gejala dari beberapa penyakit yang sangat berbahaya sehingga memerlukan penanganan medis lebih lanjut dan lebih intens. Berikut adalah beberapa penyakit yang menyebabkan demam tinggi pada anak.

shutterstock_217722697 copy

Tifus adalah salah satu penyakit yang pernah dialami oleh sebagian masyarakat tanah air. Penyakit yang menyerang organ pencernaan ini jika menjangkiti anak juga akan memberikan gejala demam yang cukup tinggi. Selain demam, anak akan merasakan pusing dan rasa tidak nyaman pada seluruh tubuh dan terkadang dengan diare. Biasanya, penyakit tifus baru bisa diketahui setelah melakukan tes darah di klinik atau rumah sakit sehingga kita tentu harus memeriksakan anak jika mengalami beberapa gejala penyakit di atas. Anak yang menderita diare juga harus dijaga makanannya karena organ pencernaannya sedang mengalami infeksi sehingga harus memakan makanan yang cenderung lembut.

Penyakit demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit paling populer di Indonesia. Jika terserang DBD ini, anak akan langsung demam tinggi dan bisa melebihi 38 derajat Celcius. Jika anak dibiarkan begitu saja tanpa penanganan medis, anak bisa kehilangan nyawanya. Beberapa gejala demam berdarah dengue yang harus kita cermati selain demam tinggi adalah trombosit darah yang terus menurun, mual-mual, pusing, dan disertai muntah-muntah. Selain itu, anak juga akan mengalami bintik-bintik merah pada kulitnya di beberapa bagian tubuh. Penyakit demam lain yang disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah malaria. Selain membuat anak mengalami demam tinggi, anak juga cenderung akan menggigil kedinginan sehingga harus segera dibawa ke dokter terdekat.

Baca Juga:  Masyarakat Modern Cenderung Lebih Sulit Mendapatkan Tidur Nyenyak

Demam tinggi pada anak juga bisa disebabkan oleh penyakit meningitis aatau peradangan otak. Anak yang menderita meningitis bisa mengalami demam tinggi yang disertai dengan rasa sakit pada kepala hingga kejang-kejang. Yang menjadi masalah adalah, jika kita membiarkan anak tanpa penanganan medis, jaringan sistem otak dan sistem saraf bisa mengalami kerusakan dan bahkan anak bisa meninggal dunia. Jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi anak ke dokter jika mengalami gejala-gejala layaknya meningitis agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat.