Beberapa Pantangan Bagi Penderita Asma

DokterSehat.Com – Asma adalah sebuah gangguan kesehatan yang menyerang bagian saluran pernafasan. Asma menyebabkan penyempitan pada saluran pernafasan sehingga penderitanya akan merasakan tarikan nafas yang cenderung berat dan tidak lega. Asma bisa menyebabkan batuk, nafas yang berbunyi, atau nafas yang pendek sehingga penderitanya pun biasanya sebisa mungkin menghindari banyak hal agar tidak terserang asma secara tiba-tiba. Berikut adalah beberapa hal yang dihindari oleh penderita asma.

doktersehat-alergi-bersin

Debu dan asap rokok adalah salah satu pantangan terbesar dan terberat bagi penderita asma. Bagaimana tidak, saat kita keluar rumah, maka kemungkinan mendapatkan debu dan asap rokok sangatlah besar mengingat begitu banyaknya perokok aktif yang merokok di tempat umum dan banyaknya debu berterbangan, khususnya di kota-kota yang cenderung memiliki pohon yang tidak banyak. Debu bisa memberikan reaksi alergi dan memicu asma dengan mudah, sementara itu, asap rokok yang mengandung nikotin juga bisa menyebabkan nafas menjadi semakin sesak. Beberapa jenis debu di dalam ruangan layaknya debu kotoran atau bahkan debu cat dinding juga bisa menyebabkan asma.

Asap yang disebabkan oleh pembakaran sampah atau polusi juga bisa menjadi penyebab asma. Asap bisa memicu produksi lendir pada saluran pernafasan dengan sangat banyak sehingga saluran pernafasan pun menyempit dan membuat nafas menjadi berat. Beberapa penderita asma juga cenderung menghindari hewan peliharaan berbulu lebat layaknya anjing dan kucing dimana bulu-bulu yang beterbangan dari dua hewan tersebut bisa memicu asma mendadak.

Mengingat banyaknya pantangan yang dimiliki penderita asma, maka berjalan ke luar rumah dimana lingkungan tidak lebih bersih dari dalam rumah tentu menjadi hal yang sulit, namun bukan berarti penderita asma harus tetap tinggal di dalam rumah selamanya. Penggunaan masker yang mencegah debu bisa mengurangi resiko terserang asma dan meskipun sulit, kita bisa melakukan kegiatan di ruangan yang bebas asap rokok atau sebisa mungkin menghindari area dimana banyak orang merokok di tempat umum. Perhatikan pula kebersihan dalam rumah dari berbagai debu dan kotoran. Pemilihan cat yang bebas debu dan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya juga bisa menjaga tubuh dari masalah asma.

Baca Juga:  Penyakit Jantung yang Diderita Anak Ini Membuatnya Tidak Boleh Bersedih