Beberapa Mitos Yang Berkaitan Dengan Penyakit Bisul

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat tidak diharapkan oleh semua orang di Indonesia adalah bisul. Jika kita mendapati bisul muncul pada salah satu bagian tubuh kita, kita pun akan merasakan ketidaknyamanan dan bahkan rasa nyeri jika bisul sudah sangat membesar. Memang, bisul bisa pecah dan mengempis dengan sendirinya seiring beberapa waktu. Penyakit bisul ini juga membawa beberapa mitos yang dipercaya oleh masyarakat. Apakah mitos-mitos tentang bisul ini sesuai dengan medis? Berikut adalah beberapa penjelasannya.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Mitos pertama dan mungkin yang paling terkenal tentang penyakit bisul adalah bisul disebabkan oleh kebiasaan kita mengkonsumsi terlalu banyak telur setiap hari. Banyak masyarakat yang mengaitkan bisul yang cenderung bernanah dan penuh dengan cairan berkaitan erat dengan makanan berbau amis layaknya telur. Andai kita terkena bisul, orang tua pun akan sebisa mungkin melarang kita memakan telur atau makanan amis lainnya. Mitos ini ternyata tidak benar adanya. Secara medis, bisul akan muncul sebagai efek dimana tubuh sedang bekerja melawan serangan bakteri pada sistem pertahanan tubuh. Bakteri-bakteri ini menyerang melalui kuit tubuh dan menimbulkan luka yang pada akhirnya dilawan oleh tubuh dengan cara memunculkan bisul.

Mitos berikutnya tentang bisul adalah jika kita memencet atau memecahkan bisul, maka kita pun akan bisa membuat bisul segera sembuh. Mitos ini ternyata juga salah kaprah dan tidak sesuai dengan medis. Dengan memencet bisul, kita justru akan memperparah penyakit ini. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita ingin meredakan bisul, kita harus mengompresnya dengan air hangat dan biarkan bisul mengering dan mengempis dengan sendirinya.

Penyakit bisul ternyata tidak hanya muncul pada kulit sebagaimana mitos yang berkembang di masyarakat. Bisul bisa saja menginfeksi bagian selaput tubuh dari permukaan kulit hingga lapisan epidermis kulit bagian bawah. Dalam beberapa kasus, bisul bisa saja muncul di dalam rongga mulut dan menyebabkan peradangan. Satu hal yang pasti, jangan gegabah untuk memencet bisul dengan harapan agar bisul bisa segera mengempis. Cobalah untuk memeriksakan kondisi bisul ke dokter telebih dahulu sehingga kita pun bisa memberikan penanganan yang jauh lebih aman agar bisul segera mengempis.