Beberapa Mitos Tentang Penyakit Diabetes

DokterSehat.Com – Diabetes termasuk dalam penyakit yang sangat ditakuti oleh manusia. Banyak orang yang bahkan berpendapat jika diabetes akan sangat sulit disembuhkan dan bisa menurunkan kualitas kehidupan seseorang. Selain anggapan sebagai penyakit yang sangat mengerikan, diabetes juga memiliki banyak sekali mitos yang dipercayai oleh masyarakat. Apakah mitos-mitos ini benar adanya?

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Mitos pertama tentang diabetes adalah masyarakat masih belum benar-benar termasuk dalam penyakit mematikan meskipun banyak orang yang percaya jika penderita diabetes bisa sangat menderita karena berbagai masalah akan muncul pada kesehatannya. Dalam realitanya, diabetes ternyata bisa menyebabkan kematian dalam waktu setiap tujuh detik di seluruh dunia! Angka ini tentu sudah menunjukkan betapa mematikannya penyakit ini bukan? Diabetes sendiri memang tidak menular. Namun, penyakit ini berkaitan erat dengan faktor genetika dan gaya hidup seseorang yang sangat tidak sehat.

Mitos berikutnya tentang diabetes adalah penyakit ini akan cenderung menyerang pria, khususnya yang memiliki berat badan berlebihan. Mitos ini juga ternyata sangat tidak benar. Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki resiko yang besar untuk terkena diabetes. Bahkan, kini banyak muda-mudi yang terkena diabetes akibat gaya hidupnya yang sangat tidak sehat. Diabetes juga tidak selalu hanya menyerang mereka yang gemuk. Banyak penderita diabetes tipe dua yang justru terlihat sangat sehat dengan berat badan yang biasa saja.

Mitos tentang diabetes lainnya adalah penderita diabetes harus menata ulang konsumsi karbohidrat hariannya dan harus memperbanyak makanan sehat. Memang, penderita diabetes harus menata ulang pola makannya agar menjadi lebih seimbang dan sehat. Asupan karbohidrat juga harus diatur sesuai dengan porsi agar tidak berlebihan atau kurang. Selain itu, konsumsi makanan sehat layaknya buah-buahan secara berlebihan juga akan tidak baik mengingat banyak buah yang mengandung asupan gula dan karbohidrat.

Baca Juga:  Berpuasa, Cara Alami Mencegah Penyakit Hepatitis

Jangan pernah berpikir jika mencegah diabetes adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita harus memperbaiki gaya hidup, menjaga pola makan menjadi lebih sehat, dan juga meningkatkan olahraga secara rutin, maka resiko terkena diabetes pun akan menurun dengan signifikan.